bjb

Netralisir Stres, Tanam Anggur Di Pekarangan Solusinya

JABARNEWS | MAJALENGKA - Anda punya beban pikiran yang padat atau stres memicu setiap hari? Sepertinya mengalihkannya dengan menanam tanaman di pekarangan rumah, bisa menjadi salah satu solusinya. Saat ini, memasuki musim hujan, menanam anggur di halaman sempit, juga terasa lebih menyenangkan dan bisa mengurangi stres.
Salah seorang ‎penyuka tumbuhan dan tanaman-tanaman langka, Sutrisno, mengatakan, menanam anggur di pekarangan rumah yang sempit, memang punya keasyikan tersendiri. Selama menunggu panen, 1,5 sampai 2 tahun ke depan, kita bisa enjoy merawat dan memperhatikan perkembangan anggur.
"Setiap orang punya hobi yang berbeda, namun pada musim hujan ini, diakui oleh sebagian besar masyarakat, mulai menanam pohon dan tanaman di pekarangan rumahnya. Termasuk ada yang menanam anggur. Tanaman buah ini, menghasilkan daun yang cukup rindang dan hijau kekuningan, selain itu dapat memanen hasilnya, juga bisa menekan stres," ungkapnya, saat ditemui di rumahnya di wilayah Palasah-Majalengka, Selasa (11/12/2018).
Sutrisno menambahkan, ‎untuk tanaman anggur ini, ada komunitas khusus para penanam anggur. Mereka tergerak karena kecintaan dan kesukaan yang sama untuk membudidayakan tanaman anggur.
"Di samping merupakan usaha atau bisnis yang menghasilkan uang, rata-rata karena untuk kesenangan saja. Suka kalau melihat hijaunya daun anggur yang merambat secara rapih," ungkapnya.
Hal senada diungkapkan penyuka tanaman anggur, Dea (25). Dia memilih menanam anggur di sebelah rumahnya, karena hal itu membuatnya teringat ketika kuliah di kota kembang.
"Di sana, tempat parkir motor itu, atapnya oleh tanaman yang merambat, sehingga terkesan sejuk. Jadi saya tanam di sebelah rumah, ingin menghadirkan nuansa ketika kuliah dulu di wilayah Bandung,"ungkapnya. (Rik)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
 
Tags :
properti

berita terkait