Banjir Cileuncang Kepung Kota Bandung, BMKG: Sepekan Ke Depan Hujan Lebat Landa Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Sejumlah wilayah diterjang banjir cileuncang menyusul hujan deras yang mengguyur Kota Bandung, Selasa (11/12/2018) sore hingga malam.t

Pantauan di lapangan, banjir cileuncang terjadi di Jalan Mohamad Toha, tepatnya sebelum perempatan Soekarno Hatta air menggenangi jalan.

Banjir juga melanda Jalan Karasak Tengah, Bojongloa. Di kawasan ini dua mobil terjebak banjir. Bahkan, satu mobil nyaris semuanya tergenang air.

Selain itu banjir cileuncang melanda kawasan Jalan Buah Batu dan Jalan Pelajar Pejuang.

Baca Juga:  Mengerikan, Dalam Sehari 107 Orang Tewas Tersambar Petir Di Daerah Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah Jawa Barat diguyur hujan lebat selama satu minggu ke depan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo, mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak lanjutan yang dapat ditimbulkan kondisi cuaca tersebut. Misalnya, banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin

“Berdasarkan hasil pengamatan, beberapa hari terakhir menunjukkan mulai tampak adanya aktivitas aliran massa udara dingin dari Asia (Monsun Dingin Asia) yang signifikan sehingga dampaknya mempengaruhi peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia,” ujar Mulyono, dikutip Tribun Jabar, Rabu (12/12/2018).

Baca Juga:  Toko Kelontong Nyambi Jual Miras, Kena Razia Satpol PP Deh!

Dikatakannya, sepekan ke depan diprediksi akan adanya aliran massa udara basah yang menjalar dari Barat Samudera Hindia menuju ke wilayah Indonesia bagian Barat yang dikenal dengan fenomena Madden Julian Oscillation (MJO).

Interaksi kedua fenomena tersebut dan ditambah dengan tingginya aktifitas gangguan tropis, berupa sirkulasi dan pertemuan angin dapat menyebabkan dan meningkatkan potensi terjadinya hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Baca Juga:  Dear Ahlul Hisap, Ini Kabar Terbaru Kenaikan Cukai Rokok, Wajib Baca!

“Hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi melanda beberapa wilayah Indonesia dalam periode sepekan ke depan,” katanya.

Selain Jawa Barat, menurut dia, potensi hujan lebat juga diprediksi bakal terjadi di sejumlah provinsi di Indonesia.

Di antaranya, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Selatan. Selanjutnya, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat