bjb

Jokotri Wujudkan Impian Seorang Pemulung Menjadi Wirausahawan

JABARNEWS | KARAWANG – Di pagi buta, Ketek beradu cepat dengan kokok ayam guna memulai rutinitasnya. Ketek berkeliling ke banyak sudut kampung di Karawang. Tempat-tempat pembuangan sampah jadi tujuannya. Ketek mengumpulkan apapun barang bekas yang ditemukannya. Bisa botol mineral, kardus, atau besi-besi tua.

"Yang penting halal" demikian Ketek memegang teguh prinsipnya dalam mencari nafkah guna menghidupi keluarga yang dicintainya.

Bertahun-tahun sudah pekerjaan pemulung dilakoninya dan Ketek enggan mengeluh. Walau tak dipungkiri, sering terbesit dibenaknya untuk hijrah ke profesi lain guna mengubah arah hidupnya.

Agar punya penghasilan yang cukup, sudah lama Ketek memendam keinginan untuk berwirausaha. Namun apa daya, minimnya keterampilan dan terbatasnya modal menjadi kendala yang memaksa Ketek menyimpan mimpinya itu di angan-angan. Sampai pada perjumpaanya dengan Jokotri yang menjadi arah baru bagi hidupnya.

Pria yang bernama lengkap Dr. H. Joko Trio Suroso, Drs, SH, MH, MM, MBA itu membantu Ketek dalam membuka sebuah usaha. Jokotri memberikan Ketek sebuah gerobak bakso, lengkap dengan semua peralatannya. Tak hanya itu, Jokotri juga membekali Ketek agar terampilan dalam menyajikan bakso, yakni bakso Haji Darmo, merek bakso yang cukup kondang di Kota Bandung.

[caption id="attachment_63661" align="alignnone" width="650"] Dr. H. Joko Trio Suroso memberikan bantuan gerobak kepada Ketek yang seorang pemulung untuk menjalankan usaha bakso [foto: jar/jabarnews][/caption]"Syukur alhamdulilah sekarang saya bisa berjualan bakso berkat bantuan pak Jokotri," ujar Ketek.

Langkah Jokotri dalam memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan visi Calon Anggota DPRD Jawa Barat asal PDI Perjuangan ini dalam mensejahterakan wong cilik.

"Saya bangga ada pemimpin yang seperti beliau. Pemimpin yang peduli sama nasib rakyat kecil. Terima kasih pak, atas bantuannya saya yang asalnya hanya pemulung sekarang bisa mandiri menjalankan usaha. Mudah-mudahan atas perhatian Pak Jokotri, saya bisa sukses," ungkapnya.

Untuk membina UMKM di wilayah Karawang dan Purwakarta, doktor hukum jebolan Universitas Padjadjaran ini memprogram 100 bantuan gerobak gratis, yang mana dalam jangka panjang akan dikembangkan menjadi 1000 gerobak.

Bagi Jokotri, pesan Bung Karno amat jelas, agar menjadi bangsa yang kuat dan berdikari secara ekonomi, kita harus bergotong-royong, bahu membahu dan terus bekerja. Insya Allah, dengan begitu kita dapat bersama-sama menghadapi tantangan ekonomi global, yang dewasa ini semakin besar.

"Harapan saya agar pak Ketek pantang menyerah dalam berusaha. Mudah-mudahan usahanya maju dan nantinya dapat bermanfaat bagi suadara-saudara kita lainnya, yang masih memerlukan bantuan," pungkas Jokotri, Calon Anggota DPRD Jawa Barat dari PDI Perjuangan nomor urut 2 dengan tagline 'fokus nge-bahagia-in kamu'. [jar]

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi