Ini Komunitas Yang Sebarkan Virus Harmonika Di Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Siapa yang tidak tahu harmonika? Ya, ini merupakan salah satu alat musik tiup yang sedang populer di Bandung. Ini merupakan alat musik yang menjadi bagian dari setiap pertunjukan band-band. Genrenya pun beragam, ada pop, blues, rock, country, dan jenis musik lainnya.

Kepopuleran alat musik berukuran kecil dan unik ini ditandai dengan hadirnya beragam komunitas harmonika. Yakni, Bandung Harp’s Project, salah satu komunitas harmonika di kota berjuluk Paris van Java itu.

Terbentuknya komunitas ini berawal dari sekelompok anak muda Bandung yang suka memainkan harmonika 2010. Kehadiran komunitas ini tidak bisa dilepaskan dari sosok Harry Pocang, salah seorang musisi senior harmonika Bandung.

“Jumlahnya saat itu masih sedikit. Kita biasa latihan di rumahnya Kang Pocang. Dari situ mulai sering ngumpul. Sebab, kita sering posting di media sosial, makin ke sini tambah banyak yang tertarik. Hingga akhirnya terbentuklah Bandung Harps Project,” kata Koordinator Bandung Harps Project, Fajri Aziz.

Baca Juga:  Mengenal Ragam Jenis Minyak Esensial Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Nama Bandung Harp’s Project menginisiasi sebuah istilah ‘Harp’ yang mengacu pada genre musik blues sebagai akar dari musik modern. Namun komunitas ini tak hanya cenderung pada genre musik blues saja, tetapi juga melintasi genre musik lainnya.

Ada beragam kegiatan rutin dilakukan komunitas ini. Komunitas ini menggelar acara gathering yang dilakukan sebulan dua kali. Gathering biasa digelar di Ruang Putih di Jalan Bungur Nomor 37, Bandung, yang saat ini menjadi basecamp Komunitas Bandung Harps Project.

Dalam acara gathering ini menjadi tempat sharing dan latihan bersama para anggota komunitas. Acara pentas musik juga biasa dilakukan di tempat ini bersama komunitas musik lain seperti Blues Bandung.

“Untuk jadwal ngumpul sekarang sebulan dua kali yakni di pertengahan bulan dan akhir bulan. Kita juga ada acara Monday Blues digelar setiap Senin terakhir pada akhir bulan di ruang putih,” kata Fajri.

Baca Juga:  OJK dan Bank Bjb Gelar Bulan Inklusi Keuangan 2021

Komunitas ini juga sering diundang untuk tampil di berbagai acara seperti Braga Festival dan beragam acara musik. Tak hanya itu komunitas ini juga sering mengadakan workshop-workshop yang tujuannya untuk mengenalkan alat musik harmonika.

“Di komunitas ini sebenarnya lebih ke arah edukasi. Kita ingin menjadi wadah untuk menampung siapa saja yang minat dan hobi harmonika, pengen belajar banyak dan detail, silakan datang ngumpul ke sini. Kita ingin menebarkan ‘virus’ harmonika di Bandung,” ucap Fajri.

Jumlah anggota Bandung Harp’s Project di Facebook saat ini ada lebih dari 700 member. Mereka datang dari berbagai kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa dan pekerja.

Menurut Fajri, anggota di komunitas ini tidak selalu seorang musisi atau orang orang yang berkecimpung di dunia musik, tapi sebagian besar orang-orang yang yang ingin belajar harmonika, bahkan mulai dari nol.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini Kamis 25 November 2022

“Sehingga anggota di komunitas kita berasal dari berbagai kalangan. Dari yang bener-bener enggak tahu, sampai akhirnya punya band sendiri. Sebagian besar anggota di sini mahasiswa. Bahkan, senior member ada dari dosen UPI yang juga sering sharing juga tentang harmonika,” katanya.

Jika tertarik dengan komunitas ini, silakan datang langsung saja ke Ruang Putih di Jalan Bungur Nomor 37, mereka biasa berkumpul di sana. Jika Anda masih penasaran dengan komunitas ini, pantau saja kegiatan mereka di media sosial.

Mereka biasa memposting kegiatan mereka ataupun sharing informasi di media sosial. Untuk grup Facebook yakni Bandung Harps Project dan Twitter @BdgHarpsProject. (Tri)

Jabarnews | Berita Jawa Barat