bjb

Inilah Sejarah Singkat Tentang Bendera Pusaka

JABAR NEWS | JURNAL - Bendera Pusaka, Sang Merah Putih mempunyai sejarahnya sendiri. Mulai dari perjuangan, pembuatan, sampai kepada pengibaran pertama kali pada tahun 1945, bahkan hingga kini setelah di “museum” kan. Semua tersusun rapih menjadi sejarah yang tidak akan pernah gugur oleh masa.

Seperti hal nya sejarah yang telah berlalu, masa kini juga merupakan sejarah yang akan menjadi ruang waktu yang harus kita isi untuk masa depan. Berikut sejarah singkat tentang Bendera Pusaka seperti yang dilansir web setneg.go.id



Kisah ini berawal dari Ibu Fatmawati, Ibu Negara Republik Indonesia pertama. Dalam buku kumpulan catatan kecilnya yang diberi judul “Catatan Kecil Bersama Bung Karno, Bagian 1”, terbitan PT Delta Rohita, pada tahun 1978, Ibu Fatmawati menjelaskan bahwa kain untuk Bendera Pusaka merupakan pemberian Pimpinan Barisan Propaganda Jepang, Hitoshi Shimizu melalui pemuda bernama Chairul Basri.

Berkenaan dengan pengumuman Perdana Menteri Kuniaki Koiso pada 7 September 1944 yang menjanjikan bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia pada masa itu. Dua blok kain merah dan putih berbahan katun asal Jepang yang diberikan pada Oktober 1944 kemudian dijahit dengan mesin jahit tangan, dan disulap menjadi sebuah bendera. Dengan ukuran lebar 2/3 (dua-pertiga) dari panjangnya, Bendera Negara memiliki rasio warna merah dan putih sebesar 2:3.
Halaman selanjutnya
Tags :

berita terkait

SEREMONIA







Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi