bjb

Kamu Penyuka Biola ? Ayo Gabung Di Sini

JABARNEWS | KOMUNITAS - Alat musik gesek yang satu ini memang paling popular di masyarakat. Yap, inilah alat musik biola. 

Padahal dulu, sangat jarang menemukan pemain biola, tapi kini bisa dengan sangat mudah dijumpai.

Nah Bandung, katanya gudangnya komunitas kreatif. Jadi tak heran, jika disini ada komunitas pecinta biola.

Ya, komunitas bernama Alliance Violin Community (AVC) Bandung ini tempatnya berkumpul, bermain dan belajar bersama antar sesama pemain biola.

"Awalnya saya sama teman-teman sering ngumpul di taman untuk main biola bareng. Tadinya cuma iseng-iseng saja, main lagu, dulu cuma 8 orang," kata Ketua AVC Bandung Setiadi Hermawan.

Kemudian, mereka sering share ke media sosial. Nah, dari situ mulai banyak yang ikut berkumpul dan bergabung. Hingga akhirnya mereka membikin komunitas dan resmi terbentuk pada 28 oktober 2012.

Ada beragam kegiatan yang bisa dilakukan komunitas ini. Setiap hari Minggu mereka biasa berkumpul di Balai Kota Bandung. Di sini mereka biasa menggelar latihan bersama dan sharing antar sesama anggota.

Di samping itu, mereka juga sering membuat even, baik yang sifatnya internal maupun eksternal. Mereka sering mengadakan pertunjukan untuk menampilkan kebolehan mereka di atas panggung.

"Jadi kita ada home concert dan annual concert. Untuk home concert itu buat internal aja, jadi yang nonton itu teman atau keluarga," ujarnya.

Adapun untuk annual concert, kata dia, lebih ke arah umum. Artinya, mereka konser di hadapan publik. Misalnya, mereka pernah menggelar annual concert yang menampilkan 30 pemain biola di atas panggung pada 2014. Hasilnya, tiket masuk konser ludes terjual.

Komunitas AVC Bandung juga pernah menjadi bagian dalam kegiatan memecahkan Rekor MURI pada Februari 2014 di Fetival Citylink Bandung.

Pemecahan rekor untuk kategori Pemain String dan Penari Etnik Terbanyak. Komunitas AVC Bandung saat itu tampil bersama string orkestra dari Swara Moriska serta Sanggar Seni dan Tari Barboovie.

Tak hanya itu, komunitas ini juga menjadi bagian dari pemecahan rekor MURI saat acara meyambut HUT RI 17 Agustus lalu. Pemecahan rekor untuk kategori pemain alat musik terbanyak.

"Jadi sesuai dengan tanggal 17 Agustus. Jadi kita pemain biola 17 orang, DJ 17 orang, bass 17 orang, pemain terompet 17 orang. Pokoknya serba 17 orang lokasinya di Jalan Cikapundung," ujarnya.

Komunitas ini juga sering diundang untuk tampil di berbagai acara, mulai dari acara kampus hingga instansi swasta. Tidak ketinggalan juga mereka sering diundang untuk mengisi program acara di radio-radio di Bandung.

Saat ini jumlah anggota komunitas AVC Bandung lebih dari 139 anggota. Mereka datang dari berbagai kalangan mulai dari pelajar sekolah, mahasiswa dan pekerja pun ada yang ikut bergabung. Anggota termuda bahkan ada dari pelajar kelas 2 SD.

"Untuk pemula nanti akan diajari untuk membaca not balok dulu, karena kita mengacunya ke situ. Kalau belum bisa baca belajar dulu, nanti kita kasih tahu," tuturnya.

Jika Anda masih penasaran dengan komunitas ini pantau saja kegiatan mereka di media sosial. Mereka biasanya memposting kegiatan mereka di sana. Untuk Facebook: AVC Bandung, Twitter @AVC_BDG atau anda bisa mengunjungi blog AVC Bandung di: http://avcbandung.blogspot.com. (Tri)

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi