bjb

Wabup Purwakarta: Banyak Drainase dan Gorong-gorong Alami Pendangkalan

JABARANEWS | PURWAKARTA - Antisipasi banjir dimusim penghujan. Wakil Bupati Purwakarta, Aming memanfaatkan momen Jumat Bersih (Jumsih) untuk membersihkan saluran air (drainase) di pinggiran jalan.

"Banyak drainase dan gorong-gorong yang mengalami pendangkalan. Kita benahi itu," kata Aming saat Jumsih bersama warga di Kampung Munjul, Kelurahan Munjul Jaya Kecamatan Purwakarta, Jumat (14/12).

Pembersihan drainase dilakukan untuk meminimalisir banjir di perkotaan. Momentum Jumsih juga dilakukan untuk membersihkan rumput-rumput liar di pinggiran jalan. Terpenting adalah menjaga budaya gotong royong di tengah-tengah masyarakat.

"Jumsih dilakukan rutin di desa-desa dan kelurahan. Ini entah Jumsih kali keberapa, saya gak pernah menghitung," ucapnya.

Wabup juga mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Ke depan, Pemkab Purwakarta akan melakukan penilaian secara khusus terhadap desa dan kelurahan yang pintar dalam menjaga kebersihan.

"Nanti ada apresiasi khusus dari pemkab," kata Wabup.

Aming menyadari kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan mesti selalu diingatkan. Sarana Jumsih salah satunya menyadarkan masyarakat untuk bersih-bersih lingkungan secara gotong royong.

"Jumsih melibatkan semua pihak. Warga, karang taruna, pemerintah desa, kelurahan, kecamatan dan pihak Dinas Lingkungan Hidup," kata Aming.

Camat Purwakarta Yudi Herdiana menambahkan, melalui rapat minggon pihaknya selalu mengingatkan pihak kelurahan dan desa untuk menjaga kebersihan.

"Ya selalu kami ingatkan. Bahkan kami imbau pihak desa dan kelurahan di kecamatan kota untuk selalu giat Jumsih tiap minggunya," katanya. (jar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi