bjb

27 Kabupaten/Kota Se-Jabar Ikuti Pameran Produk Unggulan BUMDesa

JABARNEWS | BANDUNG - Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Iwa Karniwa, meresmikan "Pameran Produk Unggulan BUMDesa", di pelataran Mal Cihampelas Walk, Sabtu (15/12/2018).
Pameran yang diikuti 27 Kota/Kabupaten se-Jawa Barat itu merupakan pameran BUMDes pertama di tingkat provinsi. Even ini diisi oleh badan usaha terbaik dari masing-masing daerah.
Rangakaian acara ini juga merupakan bagian dari pelaksanaan visi Jabar Juara yang di dalamnya terdapat program pemberdayaan desa yakni Jabar Desa Juara.
"Ini adalah yang pertama. Seluruh produk unggulan bisa dikenal oleh masyarakat. Bukan hanya masyarakat Bandung, tetapi juga Jawa Barat atau yang sedang berkunjung ke Jawa Barat," Sekda Jabar, Iwa Karniwa, kepada wartawan, di sela-sela pembukaan pameran.
Dalam kesempatan itu, Iwa juga sempat mengunjungi salah satu stan pengisi pameran dari Desa Pamalayan, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut.
Stan itu memamerkan hasil inovasi pemuda desa setempat berupa aplikasi organisasi data hingga keuangan desa.
"Saya bangga atas inovasi tersebut yang juga dinilai sejalan dengan visi Pemprov Jabar terkait inovasi dan kolaborasi. Ada anak muda yang memang memajukan usaha desa tetapi di bidang IT. Ini sejalan dengan visi Kang Emil dan Kang UU, Jabar Juara Lahir batin dengan inovasi dan kolaborasi di mana satu Desa ada satu usaha," kata Iwa.
Pada kesempatan sama Iwa menyebutkan, sejak 4 tahun terakhir, Jabar telah mengalokasikan dana desa hingga total sejumlah Rp 14.5 triliun. Dana desa itu disalurkan ke 5.312 desa di 538 kecamatan.
"Aktivitas ekonomi BUMDes akan menambah usaha lain. Diharapkan dalam waktu singkat aktivitas ini bisa meningkatkan ekonomi desa sehingga tidak usah ada urbanisasi ke kota, cukup di desa sudah tersedia lapangan kerja," imbuh Iwa. (Des)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait