Promosi Budaya dan Wisata Lokal, Wayang Ajen Tampil di Leuwimunding-Majalengka

JABARNEWS | MAJALENGKA – Wayang Ajen tampil memukau warga Leuwimunding-Majalengka tadi malam, Sabtu (15/12). Dengan tema “Lakon Ksatria Wirabangsa”, figur protagonis baik hati ini mampu menebarkan kebajikan untuk membela agama, bangsa dan negara.

Ketua Masyarakat Sadar Wisata (Masawita), KH. Maman Imanulhaq mengatakan ‎gelaran wayang Ajen yang dipusatkan di Alun-alun Leuwimunding-Majalengka tersebut mengangkat kearifan lokal dan atraksi menarik. Selain itu memberikan pesan moral yang tersampaikan penuh makna.

Baca Juga:  Komitmen Berantas Narkoba Dengan Rutin Lakukan Tes Urine

“Juga mengandung filosofi yang bagus untuk anak zaman now. Wayang Ajen ini telah diapresiasi oleh 15 negara dan merupakan elborasi antara wayang golek, multi media, komposisi musik, serta mengangkat cerita yang lebih modern yang mengangkat realitas kehidupan nyata, menampilkan seni tari dan dakwah,” ungkapnya, Sabtu malam (15/12).

Maman menambahkan selain menampilkan sosok jahat Kaladurjana si penebar teror dan hoaks, wayang Ajen juga menampilkan figur Ksatria Wirabangsa yang sederhana,‎ yang menggagalkan aksi Kaladurjana, sehingga yang tampil adalah kebajikan dan kebaikan.

Baca Juga:  PSBB Ke-13 di Bogor, Penutupan Taman Umum Nyaris Setahun

“Kaladurjana itu sosok penebar teror dan hoaks, sementara Ksatria Wirabangsa adalah figur sederhana pembela agama, bangsa dan negara,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Disparbud Majalengka, Gatot Sulaeman mengatakan penampilan wayang Ajen merupakan salah satu upaya untuk mengangkat sektor pariwisata Majalengka.

Baca Juga:  Saksikan Kemeriahan Indonesian Movie Actors Awards 2023 Malam Ini

“Wayang Ajen ini merupakan duta budaya Indonesia ke luar negeri, tampil di kota angin, tentu saja diharapkan sebagai bentuk promosi tentang budaya dan wisata Majalengka,” ungkapnya.

Salah seorang warga Leuwimunding, Iin (32) mengatakan pihaknya bersama sejumlah warga terlihat senang dapat menyaksikan wayang Ajen. Dia bersama keluarga dan teman-temanya datang langsung dan menikmati semua pertunjukan yang tampil di Alun-alun Majalengka. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat