TCASH Dukung Uji Coba Penyaluran Pembiayaan Kredit UMI

JABARNEWS | JAKARTA – Gaya hidup non tunai terus digembar-gemborkan TCASH. Uang elektronik ini mendukung uji coba digitalisasi penyaluran pembiayaan kredit ultra mikro (UMI). Itu untuk mendorong percepatan terealisasinya keuangan inklusif di Indonesia.

Program ini merupakan sinergi TCASH bersama Kementerian Keuangan, BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Lembaga keuangan digital lainnya, yang diluncurkan secara resmi di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan.

Sebagai target wilayah uji coba, TCASH menyasar masyarakat anggota koperasi di kawasan Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Penyaluran kredit UMI ini diarahkan sebagai pembiayaan modal bisnis anggota koperasi, khususnya untuk pengembangan Konter Pembayaran Resmi Bang TCASH di wilayah tersebut.

Saat ini, di area Lombok Timur, terdapat lebih dari 1.200 debitur koperasi yang masih menerima pinjaman dalam bentuk uang tunai, yang menjadi target sasaran TCASH untuk ditransformasikan ke dalam bentuk non-tunai.

Baca Juga:  Kiki Amalia dan Agung Nugraha Segera Bulan Madu ke New York dan ke Negara Ini

CEO TCASH Danu Wicaksana mengatakan, layanan penyaluran biaya UMI merupakan salah satu solusi pembayaran non-tunai yang dihadirkan bagi masyarakat di wilayah Lombok Timur, khususnya bagi para pemilik bisnis lokal.

“Wilayah ini secara khusus dipilih sebagai salah satu upaya TCASH dalam membantu masyarakat setempat yang memiliki keterbatasan akses terhadap layanan keuangan formal, untuk pengembangan bisnis mereka. Memanfaatkan salah satu metode pembayaran kami, yaitu Kode Akses USSD *800#, TCASH menjadi satu-satunya uang elektronik dalam periode uji coba ini yang mampu melayani masyarakat unbanked yang masih menggunakan feature phone, secara mudah dan nyaman,” katanya.

Baca Juga:  Tudingan Masyarakat Kades Suryana Pengguna Narkoba, Salah

Penggunaan TCASH, kata dia, sebagai metode non-tunai penyaluran pembiayaan kredit UMI ini juga akan memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan ekosistem lokal yang telah dibangun TCASH di pelosok negeri.

Di antaranya, merchant lokal, Konter Pembayaran Resmi Bang TCASH, toko ritel modern, serta mitra TCASH lainnya yang melayani pembayaran tagihan PPOB dan layanan keuangan.

Kemudahan ini diharapkan dapat terus membantu memasyarakatkan gaya hidup non-tunai dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, dengan layanan ini, TCASH pun ikut berkomitmen membantu pemerintah dalam menyajikan data penerima kredit secara akurat, cepat, dan real-time, sehingga penyaluran kredit UMI ini pun tepat sasaran.

“Layanan penyaluran pembiayaan kredit UMI ini sejalan dengan fokus bisnis TCASH di tahun mendatang. Yaitu pemberdayaan masyarakat di segmen underbanked melalui kemudahan akses terhadap layanan keuangan. Kami optimis layanan ini dapat diterima dengan baik dan turut membantu pengembangan bisnis lokal masyarakat di Lombok Timur. Ke depannya, kami akan memperluas cakupan wilayah penyaluran pembiayaan kredit UMI menggunakan TCASH ini ke wilayah lainnya di pelosok negeri, seperti Medan, Semarang, Yogyakarta, dan Probolinggo,” tutup Danu.

Baca Juga:  Pemerintah Rilis Foto Kenegaraan Jokowi-Maruf

Menutup akhir 2018, TCASH telah sukses menjangkau lebih dari 30 Juta pelanggan lintas operator telekomunikasi di 34 provinsi di Indonesia, dengan lebih dari 20 Juta transaksi bulanan yang berasal dari layanan di lebih dari 75.000 merchant outlets. (Tri)

Jabarnews | Berita Jawa Barat