Liverpool Libas MU 3-1, Mourinho Sebut Cuma Keberuntungan

JABARNEWS | JAKARTA – Manchester United takluk 1-3 di kandang Liverpool, Anfield, dalam lanjutan Liga Inggris pekan ke-17 Senin dinihari WIB. Pelatih Manchester United, Jose Mourinho, menyebut dua gol yang dicetak Xherdan Shaqiri sarat keberuntungan.

Dua gol itu tercipta hanya tiga dan 10 menit setelah Shaqiri memasuki lapangan menggantikan Naby Keita. Kedua gol itu terbantu oleh defleksi yang terjadi akibat upaya halauan pemain United, sehingga mengecoh kiper David de Gea.

“David bilang di ruang ganti kalau dua tendangan itu sebetulnya mudah baginya, tapi karena terjadi defleksi ia jadi tidak punya kesempatan,” kata Mourinho seperto dilansir laman resmi United.

Baca Juga:  Lolos Verifikasi, 14.711 Orang Ikuti Ujian CPNS Kota Bandung

United sempat tertinggal lebih dulu akibat gol indah Sadio Mane yang menyelesaikan umpan berkelas Fabinho, namun kemudian menyamakan kedudukan lewat Jesse Lingard yang menyambar bola liar hasil kegagalan Alisson mengantisipasi umpan silang Romelu Lukaku.

Mourinho menolak menyebut gol Lingard sebagai buah keberuntungan, dan bersikeras menilai dua gol Shaqiri lah yang sarat keberuntungan. “Jika Anda ingin berbicara soal keberuntungan, mari bicara tendangan gol kedua dan ketiga mereka,” kata Mourinho.

Baca Juga:  Even Olahraga Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Mourinho melanjutkan, “Gol kami adalah buah dari pergerakan yang baik, saya pikir Lukaku menciptakan ruang dari penjaganya dan melepaskan umpan silang yang baik dan kemudian Lingard tiba dalam posisi berbahaya lantas kiper mereka melakukan apa yang saya sebut setengah kesalahan.”

Mourinho boleh menyebut bahwa Liverpool memperoleh golnya dari buah keberuntungan, tapi statistik memperlihatkan keberuntungan tercipta setelah tuan rumah menguasai 64 persen penguasaan bola sepanjang laga.

Baca Juga:  Hari Jadi Bogor ke-537 Akan Dimeriahkan Ribuan Pelaku Seni Budaya

Dari segi komparasi serangan, Liverpool melepaskan 34 percobaan tembakan meski hanya 11 yang menemui sasaran, sebaliknya United hanya melepaskan enam percobaan tembakan sepanjang laga.

Keberuntungan juga memayungi Mourinho lantaran kekalahan dari Liverpool itu tak mempengaruhi posisi MU yang tetap berada di peringkat keenam klasemen dengan raihan 26 poin, lantaran para pesaing mereka juga menelan hasil buruk di pekan ke-17. [jar]

Jabarnews | Berita Jawa Barat