bjb
itcbet

Belajar Berempati dari Rasulullah saw

JABARNEWS | ARTIKEL - Dalam Al-Quran surah Yunus ayat 58 disebutkan dengan karunia dan rahmat Allah, hendaklah kamu bergembira (suka cita). Hal itu lebih baik dari apa-apa yang manusia kumpulkan. Menurut penafsiran para Kyai bahwa surah Yunus ayat 58 secara tidak langsung menerangkan tentang perlunya bergembira saat bulan Rabiul Awwal, menyambut kelahiran manusia agung yang merupakan sosok rahmatan lil ‘alamin. Bergembira dengan kehadiran Nabi Muhammad saw merupakan tanda terima kasih dan perhatian kita kepadanya. Karena kehadiran Rasulullah saw kita berada di jalan Allah dan beroleh berbagai kenikmatan.

Sungguh sangat patut jika kita menggembirakan Rasulullah saw dengan bersuka cita pada hari lahirnya. Sebagai tanda kecintaan kita kepada Baginda Nabi Muhammad saw maka suka cita harus ditampakkan salah satunya dengan peringatan atau perayaan Maulid Nabi. Bersyukur sekali bahwa perayaaan maulid Nabi saw masih marak walaupun sebagian di masyarakat kita ada yang tidak melakukan, melarang atau bahkan mengharamkannya. Semoga perbedaan tersebut tidak menimbulkan perpecahan.



Di masyarakat Sunda, daerah Karawang dan Purwakarta, sudah biasa pada bulan Rabiul Awwal merayakan Maulid Nabi. Dengan aneka perayaan. Mulai dari yang mewah sampai yang sederhana. Biasanya ada ceramah dari Kiai atau Ustadz, shalawat, doa, dan makan-makan yang disajikan untuk disantap bersama-sama.

Dalam sejarah sudah banyak dikisahkan peran dan kehidupan Rasulullah saw yang layak menjadi teladan bagi umat Islam. Mulai dari urusan berkeluarga, memimpin negara, menjadi guru, menjadi sosok pedagang/pengusaha. Rasulullah saw adalah orang yang paling lemah lembut dan penuh kasih sayang kepada semua orang. Tidak hanya pada keluarganya dan sahabat, tetapi juga pada orang-orang yang memusuhinya disikapi dengan positif. Saat dikejar dan dilempari batu di Thaif, Nabi mendoakan mereka dengan penuh harapan agar kelak dari mereka ada generasi yang mengimaninya. Padahal, saat itu malaikat Jibril menawarinya untuk menghukum kaum yang berlaku zalim kepada Nabi Muhammad saw.
Halaman selanjutnya
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi