Arab Saudi Membuat Payung Raksasa Untuk Lindungi Jamaah Haji dari “Heatwave”

JABARNEWS | JURNAL – Arab Saudi Tahun ini mengalami gelombang panas atau heatwave dan juga melanda beberapa negara lainnya. Hal ini membuat para calon jemaah haji pun juga akan terkena imbas dari hantaman gelombang panas dengan suhu udara yang menyengat di atas kepala.

Mengingat hal itu, pemerintah Arab Saudi pun menciptakan payung yang mereka namakan “Payung Makkah”. Payung tersebut dapat memudahkan jemaah haji dalam kondisi udara yang panas saat ini. Payung tersebut diciptakan oleh Insinyur Saudi, Mohammed Hamid Sayegh.

Baca Juga:  Bey Machmudin Dilaporkan ke Ombudsman, Ini Respon Presiden Jokowi

Payung Makkah itu pun diklaim memberikan kemudahan peziarah karena memiliki Air Conditioner (AC) yang dapat membuat penggunanya merasa sejuk. Selain itu payung tersebut diciptakan juga dengan baterai sehingga peziarah dapat tetap terhidrasi selama panas yang menyengat selama 40 jam.

Baca Juga:  Oknum ASN Gelar Resepsi Pernikahan Didenda Rp100 Ribu, Bupati Cianjur Tanggapi Ini

Dilansir dari laman The Islamic Information, warga asli Makkah itu mengaku diminta tolong oleh rekan seniornya untuk menciptakan benda dengan kreatif yang dapat membantu jamaah haji dalam menghadapi gelombang panas 2017.

Pengisian baterai untuk payung tersebut menggunakan tenaga surya dan Kegunaan baterai adalah untuk membuat AC payung tersebut tetap berjalan. Berat payung tersebut hanya 610 gram. Jelas Mohammed,

Baca Juga:  Layanan Bus Di Sejumlah Terminal Dihentikan Sementara

Tujuan utama dari pembuatan payung tersebut adalah agar jamaah yang berasal dari Asia dan Eropa yang tidak terbiasa dengan panas Timur Tengah yang ekstrem supaya merasa sejuk dalam menjalankan ibadahnya.

Payung tersebut juga mendapat pujian dari Raja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Abdulaziz.(*)

Jabar News | Berita Jawa Barat