bjb

AF Bandung Wadahnya Para Gitaris Akustik

JABARNEWS | KOMUNITAS - Acoustic Friends Bandung (AF Bandung) merupakan satu dari sekian banyak wadah komunitas yang ada di Kota Bandung. Ini merupakan wadahnya para pemain gitar akustik di Kota Kembang.

"Awalnya Kang Ridwan dan Kang Arif yang menggagas AF Bandung pada November 2012. Saat itu mereka ngumpulin temen-temen yang suka main gitar akustik hingga akhirnya terbentuklah komunitas ini," ujar Idan Febriansyah salah seorang admin Accoustic Friends Bandung.

Ada beragam kegiatan rutin dilakukan komunitas AF Bandung. Setiap Minggu pukul 10.00 WIB mereka biasa berkumpul di Balai Kota Bandung atau Taman Musik. Lokasi ini dijadikan sebagai tempat latihan (coaching clinic) bagi sesama anggota komunitas. Tak hanya itu setiap bulannya, komunitas ini juga mengadakan pertunjukan di Taman Musik.

"Setiap sebulan sekali kami bikin pertunjukan dengan membawa sound system di Taman Musik," kata Idan.

Tak hanya itu, para anggota komunitas juga sering diundang untuk mengisi berbagai acara, salah satunya di sekolah-sekolah dan kampus-kampus.

"Kami kerjasama dengan salah satu EO. Jadi anggota-anggota yang mainnya bagus kami tampilin di situ, setelah sebelumnya diaudisi dulu," ucap Idan.

Jumlah anggota di Komunitas AF Bandung saat ini ada sekitar 50 orang. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, mulai pelajar sekolah, mahasiswa dan ada juga pekerja swasta. Jika Anda tertarik untuk belajar gitar akustik silakan bergabung dengan komunitas ini. Di sini Anda akan diajarkan untuk memainkan gitar akustik dengan berbagai teknik bermain gitar.

"Untuk pemula, nanti akan diajarkan cara memegang gitar yang benar, chord-chord awal, cara belajar memetik gitar dan teknik-teknik gitar lainnya. Di sini ada member, awalnya dia belum bisa sama sekali, kemudian kami ajarin beberapa bulan kemudian langsung bisa. Ataupun ada juga yang sudah bisa, dia tinggal nambah skill bermain," kata Idan.

Bagaimana kalau tidak punya gitar? Tak usah khawatir. Sebab anggota di komunitas ini dengan senang hati akan meminjamkan gitarnya. Yang penting, kata dia, calon anggota harus memiliki kemauan untuk belajar. Jika masih penasaran, bisa dipantau kegiatan mereka di media sosial.

Selain dijadikan sebagai sarana informasi, mereka juga sering memosting kegiatan-kegiatan mereka di media sosial. Untuk akun Twitter @af_bandung, Instagram @accounsticfriendsbandung dan Facebook: accounstic friends bandung.

"Kami sering up date kegiatan seperti event atau gathering di sosmed. Kalau mau gabung silakan datang saja setiap Minggu pagi pukul 10.00 WIB di taman musik atau balaikota," ucapnya. (Tri)

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi