Alumni UPI Banyak Menyumbang Kemajuan di Dunia Pendidikan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, Purwanto menegaskan keberadaan alumni UPI terutama dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP), telah banyak menyumbang kemajuan di dunia pendidikan.

“Ada dua makna yang perlu kita cermati. Pertama tentang merawat emosi dan energi. Emosi pentingnya persatuan dan kebersamaan dalam memajukan pendidikan di Purwakarta. Dan energi yang mesti terus dirawat demi cita-cita sejak dulu yakni menjadi tenaga pendidik yang handal,” kata Purwanto, dalam sambutannya usai dilantik menjadi Ketua Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (IKA UPI) Komisariat Kampus Purwakarta periode 2018-2023, di Bale Yudhistira, Kamis (20/12/2018).

Baca Juga:  Prajurit TNI Bantu Angkat Genteng

Seperti diketahui, IKA UPI kesohor dengan komposisi pengurus yang beragam. Hal ini mencerminkan spirit keberagaman alumni UPI yang kini berdiaspora ke berbagai daerah maupun profesi. Namun demikian, aneka rupa latar belakang dan forto folio pengurus tersebut melebur dan menyatu ketika mereka berhimpun dalam wadah IKA UPI.

“Cita-cita yang dulu kita gantungkan, harus kita gapai sekarang. Banyak alumni UPI yang sudah menduduki jabatan strategis,” ujar Purwanto.

Masih kata dia, menyangkut eksistensi kepengurusan IKA UPI Purwakarta. Pendidikan di Purwakarta, sedang mengalami pembangunan yang baik. Mulai dari diberlakukannya sistem pendidikan berkarakter yang terpresentasikan kedalam giat ‘tujuh poe atikan istimewa’.

Baca Juga:  Siap Siaga Bencana, Ribuan Relawan Diterjunkan Tangani Bencana Jabar

“Dimana dalam satu minggu secara kultur, pelajar di Purwakarta tidak terlepas dari nilai-nilai pendidikan. Yakni pendidikan berbasis nilai-nilai kesundaan,” papar dia.

Tinggal posisi IKA UPI yang terkomposisi dari latar belakang guru, kepala sekolah dan pejabat struktural pemerintahan membantu dengan porsinya masing-masing.

“Karena sistem pendidikan yang baik, tidak akan berjalan maksimal tanpa SDM yang baik pula,” kata dia.

Baca Juga:  Jaringan Narkoba Di Lapas Kota Pinang Terbongkar, Tiga Orang Diamankan Polisi

Wakil Ketua Umum Ikatan Alumni UPI Yomanius Untung mengapresiasi IKA UPI Purwakarta yang memiliki seorang ketua dari latar belakang guru sekaligus pejabat pemerintahan. Apalagi, Purwanto merupakan seorang Kadisdik di Purwakarta.

“Artinya IKA UPI Purwakarta periode 2018-2023 tidak kekurangan SDM sama sekali. Saya mengapresiasi, karena ini merupakan awal yang baik untuk eksistensi IKA UPI di Purwakarta selama lima tahun ke depan,” ujar Untung.

Selain pelantikan, acara dilanjut dengan Seminar Nasional Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. (Nto)

Jabarnews | Berita Jawa Barat