Soal Sampah, Tanggungjawab Semua Pihak

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Di Kabupaten Tasikmalaya tumpukan sampah terjadi dibeberapa lokasi terutama di pusat keramaian, seakan menjadi momok yang menakutkan dan menjijikan bagi wargan.

Kepala Bidang Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya, Aam Rasel mengajak seluruh elemen masyarakat dan juga SKPD di lingkup Pemda untuk ikut serta menjaga kebersihan Kabupaten Tasikmalaya dari sampah.

Baca Juga:  Polisi Ungkap 11 Kasus Narkoba di Tasikmalaya, Belasan Tersangka Ditangkap

Menurutnya, penanganan masalah sampah bukan hanya tugas dari dinas LH saja, namun semua harus berperan.

“Kita bicara rasional saja, masalah sampah ini tidak bisa ditangani oleh satu SKPD saja, diluar minimnya armada kita. Masalah sampah jadi tanggung jawab semua pihak,” pungkas Aam saat dijumpai Jabarnews.com, Kamis (20/12/2018).

Ia menilai, kesadaran masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya masih minim meskipun peringatan-peringatan sudah diterapkan.

Baca Juga:  Kreatif, Para Pemuda Ini Menyulap Limbah Bambu Jadi Uang

“Sebenarnya kita itu sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengingatkan para pembuang sampah sembarangan dengan menyediakan tong sampah di sepanjang jalan, ada peringatan-peringatan namun tetap pada buang sampah sembarangan. Jadi di sini kesadaran dari semua pihak diperlukan untuk menangani masalah sampah ini,” terangnya.

Salah satu langkah untuk mengatasi masalah tersebut, Aam mengatakan semuanya harus duduk bersama mencari solusi.

Baca Juga:  Tergiur Lelang Arisan, Ratusan Warga Kab. Bandung Ditipu Pasutri

“Insyaalloh kita akan mencari solusi dengan duduk bersama, kita tidak bisa saling menyalahkan,” ungkapnya.

Selain itu, ia berharapa ada kemandirian dari pihak desa untuk mengarahkan warganya agar membuang sampah pada tempatnya dan sesuai jadwal.

“Kebijakan perda juga sangat dibutuhkan,” tandasnya. (Yud)

Jabarnews | Berita Jawa Barat