Upaya Selamatkan Diri Dari Tsunami

JABARNEWS | TIPS – Bencana tsunami bisa kapan pun terjadi, terlebih saat Anda menikmati pemandangan pantai bersama keluarga. Anda tidak bisa memprediksi apakah di pantai itu akan terjadi tsunami atau tidak.

Namun jika kebetulan Anda sudah berada di kawasan pantai dan terdengar peringatan terjadi tsunami ada beberapa hal bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan diri.

Baca Juga:  Gedung BPOM Terbakar Tadi Malam, Polisi Periksa Lima Orang Pekerja

Dikutip dari berbagai sumber, pertama usahakan Anda tidak panik, karena panik dapat menurunkan kesadaran Anda.

Jika Anda sedang berlayar menggunakan perahu maka arahkan perahu ke tengah laut karena ombak tengah laut cenderung mengecil saat itu ketimbang di tepi pantai. Namun jika berada di tepian pantai segera lah berlari ke dataran yang lebih tinggi, atau naik ke pohon yang kokoh dan tinggi seperti pohon kelapa.

Baca Juga:  Via Vallen: Dulu Aku Banyak Utang

Atau jika sudah tersapu cari benda yang ada disekitar Anda yang sekiranya mengapung di air. Semisal ban bekas, drum, jerigen, batang pohon, balok kayu, kasur dan lainnya.

Nah selanjutnya jangan bawa barang saat menyelamatkan diri karena itu akan menghambat Anda saat menyelamatkan diri, tinggalkan saja barang bawan Anda itu.

Baca Juga:  Bank Bjb & DPMD Provinsi Jabar Kerjasama Layanan Online Keuangan Masyarakat Desa

Jangan menyelamatkan diri menggunakan kendaraan roda empat atau mobil, karena Anda akan sulit menyematkan diri saat mobil terbawa arus. Buka jendela air masuk, ditutup Anda terombang ambing tak jelas dan dikhawatirkan menabrak benda lain yang membahayakan keselamatan. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat