Samsat Jbret Di-launching, Bayar Pajak Kendaraan Bisa Di Minimarket Dan Polsek

JABARANEWS | BANDUNG – Kini, membayar pajak kendaraan bermotor dan mengurus STNK tak perlu lagi datang ke Kantor Samsat.

Warga Jawa Barat bisa mengurus dan membayar melalui bank bjb, mini market, market place, dan lainnya. Layanan Samsat J’bret atau Samsat Jawa Barat Ngabret adalah cara mudah melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan.

Pembayaran bisa dilakukan di jaringan elektronik (ATM, SMS, dan bjb Digi) serta channel layanan yang telah bekerja sama dengan bank bjb di seluruh Indonesia. Di antaranya Indomaret, Alfamart, Tokopedia, Bukalapak, Kaspro (fintech) dan channel payment point online bank (PPOB).

Baca Juga:  Ridwan Kamil Sebut Harga Pangan di Jawa Barat Relatif Terkendali

Dirlantas Polda Jabar, Kombes Pol Prahoro Tri Wahyono, mengatakan, masyarakat yang akan membayar pajak, tidak perlu ke Samsat. Mereka bisa melakukan pembayaran melalui chanel bank bjb, mini market, market place, dan fintech.

Setelah melakukan pembayaran, wajib pajak bisa mendapatkan STNK di cabang bank bjb, kantor samsat, untuk kemudian divalidasi di Polsek terdekat.

Baca Juga:  Ada Wisata Kopi Di Kabupaten Bandung

“Ini dalam rangka memudahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor bagi masyarakat. Dengan ini pelayanan masyarakat jadi tidak berbelit,” kata dia, dikutip sindonews.com, Sabtu (29/12/2018).

Inovasi ini, kata dia, merupakan tindak lanjut dari berbagai kerja sama dan inovasi yang sebelumnya sudah dilakukan antara Polda Jabar, bank bjb, Dispenda Jabar, Jasa Raharja, dan lainnya.

Baca Juga:  Jatuh Ke Laut, Nelayan Asal Belawan Tewas

“Ini inovasi pertama di Indonesia. Pembayaran bisa dilakukan di manapun,” imbuh dia.

Pada soft launching Samsat Jbret di Kantor Pusat Bank bjb di Jalan Naripan, Kota Bandung, Kamis (27/12/2018), juga dilakukan penyerahan secara simbolik administrasi berita acara. Juga penyerahan sarana pendukung berupa 44 unit handphone dan 44 unit printer untuk pengesahan STNK di Polsek dari bank bjb kepada Kapolda Jabar. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat