bjb

Ribuan Warga Kp Tenjowaringin Siap Donorkan Matanya

JABARNEWS |  TASIKMALAYA – Ribuan warga Kp Tenjowaringin, Kec Salawu, Kab Tasikmalaya, mendeklarasikan diri siap menjadi keluarga donor mata, di Desa siaga donor mata, Minggu (30/12/2018).
"Iya saya siap jadi bagian dari keluarga donor mata, kalau saya meninggal nanti akan saya donorkan," ujar Putri salah seorang warga setempat yang rela mendonorkan matanya.
Ditanya apa alasannya, Ia rela mendonorkan kornea matanya, Putri tak menjelaskan detail.
"Nah, kalau ditanya alasannya. Itu saya mah tidak bisa mengungkapkan dengan kata-kata, ini gerakan hati saya saja ingin berbagi ke sesama yang membutuhkan nanti," ungkapnya kepada jabarnews.com di lokasi.
Sementara itu Ketua Keluarga Donor Mata Tasikmalaya, Dodi mengatakan, berdasarkan data dari tahun 2016 hingga hari ini (30 Desember 2018), total yang sudah mendonorkan sudah ada 13 pendonor mata.
"Yang terakhir atas nama almarhum Nandang Nasir Ahmad yang kornea matanya diambil," ungkap Dodi.
Melihat antusiasme yang besar dari warga, Dodi berharap di Kota atau Kabupaten Tasikmalaya ini dibagun bank mata.
Pasalnya, bank mata yang paling dekat itu berada di Kota Bandung yang berjarak kurang lebih 90 kilometer dari Tasikmalaya.
"Jelas dalam hal ini menjadi kendala dalam eksisi kornea mata." pungkasnya.
Masih kata Dodi, jumlah pendonor yang sudah tercatat lebih dari 2000.
"Iya alhamdulilah saat ini, sedikitnya itu sudah ada 2000 jiwa bahkan yang hendak mendaftar pun itu masih antri," tandasnya. (Yud)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait