bjb
itcbet

Gimana Sih Toleransi Politik?

JABARNEWS | ARTIKEL - Sejauh ini, istilah toleransi selalu mengacu kepada sikap (hidup berdampingan secara damai) antarsesama kelompok masyarakat yang terikat dalam nilai-nilai, norma, budaya, dan keyakinan yang beragam dan berbeda-beda.

Dalam masyarakat yang heterogen seperti Indonesia, toleransi merupakan pilihan yang cerdas dalam memperkuat solidaritas kebangsaan dan kenegaraan. Sehingga, praktek-praktek perkembangan peradaban manusia akan lebih mudah terukur, tertata, dan terkonsolidasi secara matang.



Sikap intoleran dalam sebuah masyarakat yang heterogen justru pilihan yang naif, sempit, picik, dan mudah sekali mendistorsi nilai-nilai budaya yang baik dalam masyarakat. Kondisi begitu menjadi kekuatan arogansi sektoral, klaim kebenaran sepihak, kebencian yang meluas sehingga masyarakat jumud dan teralienasi dari peradaban.

Toleransi umumnya berkait dengan budaya dan nilai-nilai beragam yang berkembang dalam sebuah masyarakat. Sehingga, bentuk penerimaan akan budaya, nilai, norma dan keyakinan yang demikian beragam dalam sebuah masyarakat sudah barang tentu cenderung mudah terwujud. Ini dikarenakan bahwa Indonesia sebagai masyarakat heterogen sudah sama-sama sadar, bahwa toleransi dalam hal budaya, keyakinan atau agama sudah sejak dahulu ada dan dihidupkan.
Halaman selanjutnya
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi