Inilah Cara Tepat Bersihkan Telinga

JABARNEWS | KESEHATAN – Sebagai indera pendengaran, telinga harus selalu terjaga kesehatan dan kebersihannya. Nah karenanya jangan sembarangan saat membersihkan telinga kita. Berikut beberapa langkah atau cara benar membersihkan telinga yang aman dan tepat.

Sebagian orang membersihkan telinga masih menggunakan cotton bud. Padahal, salah satu fungsi cotton bud itu untuk membersihkan daun telinga, bukan telinga bagian dalam. Sebab, jika hal itu sering dilakukan berpotensi merusak gendang telinga.

Dikutip laman harapanrakyat.com, cara benar membersihkan telinga Anda yakni bisa menggunakan obat tetes telinga. Tetesan minyak zaitun juga lebih aman digunakan untuk membersihkan telinga, termasuk menggunakan tetes peroksida hidrogenhingga baby oil.

Baca Juga:  Duh! Kembali Ditemukan Kasus Bunuh Diri di Purwakarta

Fungsi-fungsi dari bahan-bahan di atas tepat membuat kotoran di dalam telinga menjadi lebih lunak, meskipun telinga sendiri memiliki kemampuan untuk membersihkan sendiri. Meski begitu, terkadang tumpukan kotoran yang berupa lilin membuat tidak nyaman.

Untuk mengaplikasikan obat tetes di atas, Anda bisa mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan maupun mengikuti petunjuk dari dokter.

Baca Juga:  Soal Penggantian Rumah Rusak, Herman Suherman Minta Warga Lakukan Ini Jika Data Tak Sesuai

Pada umumnya, saat membersihkan telinga dengan cara memiringkan kepala agar obat tetes lebih mudah masuk ke dalam telinga. Ketika kotoran di dalam lunak, maka telinga akan dengan mudah membersihkan bagian-bagian yang kotor di dalam.

Sebagai catatan, saat meneteskan obat ke dalam telinga harus dipastikan telinga Anda tidak dalam keadaan sakit atau sedang luka.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Bakal Bantu Promosikan Pariwisata Aceh

Nah untuk diketahui proses telinga membersihkan dirinya sendiri, adalah ketika kita sedang melakukan gerakan mengunyak atau sedang berbicara yang membuat rahang bergerak. Saat itu, kotoran di dalam telinga terdorong ke luar, bahkan bisa mengering dan jatuh sendiri ke luar.

Jika kotoran di dalam telinga sudah sangat parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat tanpa merusak bagian-bagian dalam telinga. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat