bjb

RUMA Bantu Masyarakat Miliki Produk Lewat Arisan

JABARNEWS | PURWAKARTA - Rekan Usaha Mikro Anda (RUMA) mengenalkan produk untuk membantu masyarakat yang ingin memiliki barang dengan sistem arisan. Produk itu dinamakan Arisan Mapan.
Branch Manager RUMA Mapan Cabang Purwakarta, Wanto, mengatakan, Arisan Mapan ini dapat membantu masyarakat mendapatkan barang dengan harga terjangkau dan menciptakan penghasilan tambahan tanpa modal.
"Kita lihat ibu-ibu banyak yang tidak mampu beli barang atau produk. Dengan cara ini mereka bergotong-royong untuk mengumpulkan uang dan diberikan ke kita, kemudian mereka langsung dapat barang tersebut," kata Wanto, Senin (7/1/2019).
Dijelaskannya, dalam arisan tersebut harus ada ketua. Nantinya, ketua menawarkan produk atau barang kepada anggota.
Setelah memilih produk, lanjutnya, anggota akan menyetor uang kepada ketua arisan sesuai dengan harga barang atau produk tersebut dan dengan jangka waktu sesuai anggota arisan.
Dengan mengumpulkan 4-15 anggota masyarakat bisa mengajukan untuk membuat Arisan Mapan ini.
"Kita juga sistemnya bayar di tempat atau cash on delivery (COD). Jadi uangnya dikumpulkan dulu baru beli barang ke kami. Selain itu, kami juga mengundinya pakai sistem sehingga tidak ada pilih kasih. Bisa mingguan, bisa juga bulanan, tapi rata-rata di purwakarta itu bulanan," ucap wanto.
Menurutnya, RUMA percaya bahwa jika komunitas-komunitas yang sudah ada bersatu dalam sebuah wadah keanggotaan, maka wadah itu dapat membantu anggotanya dan bukan sekadar mencari keuntungan.
"Semakin banyak anggota kami, semakin bagus kualitas produk yang bisa kami berikan dengan harga yang semakin terjangkau," tutur wanto.
Adapun barang atau produk yang disediakan RUMA juga mempunyai kualitas yang terbaik dan harganya jauh dibawah pasar. Itu dikarenakan RUMA mempunyai perusahaan rekanan sehingga bisa bernegosiasi dan mendapatkan harga yang jauh lebih murah.
"Kami berharap dengan adanya Arisan Mapan ini bisa menumbuhkan ekonomi di Indonesia khususnya di purwakarta," pungkas Wanto. (Nto)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
 
Tags :
properti

berita terkait