BIJB: Rute Kertajati-Balikpapan Beroperasi, Terbang Setiap Hari

JABARNEWS | MAJALENGKA – Bandara Internasional Kertajati membuka sejumlah rute penerbangan baru, salah satunya rute Kertajati- Balikpapan. Rute baru ini akan dilayani oleh maskapai penerbangan Lion Air mulai 11 Januari 2019.

Penerbangan rute Kertajati-Balikpapan akan dibuka setiap hari. Pesawat akan mendarat di Bandara Kertajati pukul 12.00 WIB, lalu melakukan penerbangan sebaliknya pukul 13.40 WIB.

Direktur PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Muhamad Singgih, mengatakan, rute-rute baru tersebut menandai dibukanya penerbangan domestik oleh maskapai Lion Air. Sebelumnya, maskapai ini telah melayani penerbangan internasional rute Kertajati-Madinah untuk penerbangan umrah sejak Oktober tahun lalu.

Baca Juga:  Indahnya Toleransi Antar Umat Beragama Di Purwakarta

Singgih menyampaikan, bertambahnya penerbangan dari Bandara Kertajati menunjukkan cukup besarnya kebutuhan konektivitas masyarakat Jawa Barat.

“Apalagi hitungan catchment area atau wilayah cakupan di Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) plus Subang serta Tegal dan Brees mencapai 17 juta,” kata dia, dikutip Kompas.com, Senin (7/1/2019).

Baca Juga:  Inilah Sosok Almas Tsaqibbirru, Mahasiswa Solo Pemenang Gugatan di MK Soal Syarat Capres-Cawapres

Dari hal tersebut, lanjut Singgih, masuknya Lion Air ke Bandara Kertajati akan menambah daftar pilihan terbang untuk masyarakat.

“Ini akan menambah pilihan masyarakat untuk menentukan penerbangannya dari dan ke Kertajati. Sekarang bagaimana caranya kita Bandara dan maskapai harus memenuhi keterisian penumpang,” ujar dia.

Baca Juga:  Rahmad Darmawan Pilih Hengkang Dari Sriwijaya FC

Diketahui, rute baru lainnya di antaranya Kertajati-Yogyakarta dan Kertajati-Jakarta. Dua rute penerbangan tersebut dioperasikan tiga kali dalam seminggu, yaitu Senin, Rabu, dan Jumat untuk rute Yogyakarta, serta Selasa, Kamis, dan Sabtu untuk rute Jakarta. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat