bjb

Tak Kenal Lelah, Camat Jatiluhur Purwakarta Konsisten Jaga Lingkungan

JABARNEWS | PURWAKARTA - Tak kenal lelah. Itulah kata yang bisa menggambarkan sosok Camat Jatiluhur, H Asep Supriatna. Camat yang satu ini bisa dibilang luar biasa. Setiap kali ada sesuatu di sekitar wilayahnya, pria ini langsung bergerak memantau keadaan yang terjadi.
Sebagai seorang camat, Asep Supriatna begitu energik, murah senyum, dan akrab dengan warga serta dicintai masyarakatnya. Dia juga terkenal pro aktif dalam kebersihan lingkungan.
Dalam bekerja, dia lebih mengutamakan sistem kekeluargaan. Satu program yang begitu dirasa manfaatnya bagi warga merupakan soal kebersihan lingkungan.
"Saya senantiasa mengajak seluruh masyarakatnya untuk peduli kebersihan lingkungan. Sebab, kebersihan bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan tugas dari padat karya, melainkan seluruh elemen masyarakat," kata Asep saat ditemui di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jumat (11/1/2019).
Untuk membuat lingkungan bersih dan indah, lanjut dia, diperlukan kesadaran masyarakat agar tidak tidak membuang sampah di sembarang tempat. "Kalau hal sekecil ini direalisasikan, pasti lingkungan akan bersih," kata pria yang menjabat sebagai ketua KNPI Purwakarta itu.
Ia juga mewajibkan kepada warganya agar membuat tempat sampah di masing-masing rumah. Bila perlu sampah kering dan sampah basah dipisahkan. Terutama sampah plastik, Asep melarang keras warganya jika membuang sampah ke area saluran air ataupun ke sungai.
Nilai positif yang ada pada diri Asep, tak disangsikan lagi. Warga pun mengakuinya, Seperti yang diungkapkan Irwan Hidayat, Tokoh Masyarakat Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.
"Camat Jatiluhur saat ini sangat aktif dalam segala hal terutama dalam kegiatan kebersihan. Padahal beberapa hari yang lalu beliau (Camat Jatiluhur, Red) masih dirawat di rumah sakit, tapi sekarang beliau udah beraktivitas kembali," kata Irwan.
Semoga dengan adanya Pejabat seperti ini, lanjut doa, dapat membangkitkan nilai-nilai kesadaran masyarakat untuk saling menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.
"Mari kita berupaya untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan, apalagi di tempat-tempat umum, Masa pejabat nya aja memberi contoh bagus, Masyarakat tidak menirunya," pungkasnya. (Gin)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait