Wujudkan Bebas Sampah, Bupati Subang Turun Langsung Pungut Sampah Di Jalan

JABARNEWS | SUBANG – Demi mewujudkan Subang bebas sampah, orang nomor satu dan nomor dua di Kabupaten Subang ini, rela menyapu hingga memunguti sampah yang berserakan di sekitar kota Subang, Jumat (11/1/2019)

Mereka adalah, Bupati dan Wakil Bupati Sibang, H Ruhimat dan Agus Masykur yang kini memimpin Kabupaten Subang periode 2018-2023.

Tanpa ragu dan malu mereka rela memungut sampah di jalan protokol hingga harus menyusuri pingiran sungai untuk mengecek langsung kegiatan aksi bersih bersih tersebut.

Baca Juga:  PSBB pra-AKB Kabupaten Bogor Diperpanjang

Aksi itu dilakukan untuk memotivasi masyarakat Kabupaten Subang supaya dapat meminimalisir buang sampah sembarangan.

Ruhimat mengatakan, kegiatan yang bertajuk “Gerakan Subang Beberesih” ini bakal menjadi agenda rutin setiap pekan bagi pegawai.

“Semua instansi kita minta setiap Jumat untuk menjaga agar lingkungannya tetap bersih, termasuk akan digalakkan juga sampai ke tingkat kecamatan dan desa, dengan harapan gerakan semacam ini akan menular ke masyarakat, paling tidak akan bebersih di wilayahnya lingkungan masing-masing,” jelasnya

Baca Juga:  Imbas Corona, 17.300 Karyawan di Jabar Kena PHK

Sebab, dia menilai bahwa gerakan bebas sampah tidak hanya bisa mengandalkan pemerintah saja karena masyarakat pun harus terlibat di dalamnya.

“Ketika gerakan ini kita gelorakan bersama, dan diterapkan secara rutin. insya Allah apa yang kita cita-citakan akan terwujud. Saya tidak apa-apa harus memungut sampah, biar masyarakat sungkan dan ikut bergerak,” ungkapnya

Launching Gerakan Subang Bebersih ini digelar di Alun-alun Subang, dengan melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pemerintah kecamatan hingga kelurahan, Muspida, dan pihak swasta serta para pegiat lingkungan yang disebar di 60 titik di Subang Kota.

Baca Juga:  Ingin Belajar Sepatu Roda Yang Aman di Masa New Normal? Ini Tempatnya

Usai launching Subang Bebersih di Alun-alun Pemkab, Bupati bersma Wabup didampingi Kapolres, Dandim, Kejari dan pejabat lainnya melakukan check lokasi kegiatan di jalur Jalan Ade Irma Suryani, Soeprapto, Jalan Agus Salim, dan kembali ke Alun-alun. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat