bjb

Ini 10 Tempat Wisata Di Purwakarta Yang Paling Sering Dikunjungi

JABARNEWS | PURWAKARTA - Alam yang indah dan Banyak sekali tempat-tempat yang menarik, unik, dan wajib dikunjungi di Jawa Barat, tepatnya di Purwakarta. Kota yang terletak tak jauh dari Bandung dan Jakarta ini memiliki tempat-tempat unik yang tidak ada di daerah lain.
Menurut Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar, di Purwakarta banyak tempat wisata yang menawarkan keindahan alam, pemandangan indah yang menarik, serta kuliner yang tentu biasa menarik wisatawan ingin datang ke Purwakarta.
"Purwakarta sebenarnya memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik dan unik. Mulai dari wisata air mancur sampai wisata religi tempat-tempat bersejarah yang menarik, sampai tempat wisata yang cocok untuk keluarga," kata Heri, saat ditemui disela kegiatannya, Sabtu (12/1/2019)
Heri menambahkan, saat ini destinasi wisata di wilayahnya mencapai 45 lokasi yang tersebar di hampir seluruh kecamatan yang ada.
"Namun Ada 10 destinasi wisata yang paling sering dikunjungi selama 2018 lalu. Ke 10 destinasi wisata itu yakni, Air Mancur Sri Baduga, Waduk Jatiluhur, Cikao Park, Gunung Parang, Kampung Kahuripan Ciramgkong Kecamatan Cibatu, Taman Batu Cijanun Kecamatan Bojong, Kolam Renang Jaya Tirta Abdi, Pasir Lalnglang Panyewangan Ujung Aspal, Grand Valley Water Park, dan Giri Tirta Kahuripan Wanayasa," papar Heri.
1. Air Mancur Sri Baduga
Air mancur yang terletak di Jalan KK Singawinata, Kampung Situ, Desa Nagri Kaler ini sangat strategis sehingga kita bisa mendatanginya dari segala penjuru Purwakarta.
Patung badak berwarna putih yang terletak di depan taman ini juga menjadi simbol yang bermakna bagi kota Purwakarta. Bukan hanya keindahannya saja, tetapi air mancur Sri Baduga ini memiliki sejarah yang menarik untuk disimak.
Taman dan air mancur di tengah kota memang selalu menjadi pusat perhatian penduduk sekitar dan tidak pernah sepi pengunjung terutama di akhir pekan, terutama karena air mancur Sri Baduga sangat cantik dilihat pada malam hari. Ketika malam, air mancur akan "menyala" dan memberikan warna warni indah yang siap menghias kota Purwakarta di waktu malam dan juga "menari" dengan diiringi musik.
2. Waduk Jatiluhur
Dibangun pada 1957, Waduk Jatiluhur memiliki fungsi utama berupa penyedia air irigasi untuk sawah, air minum, perikanan, dan mengendalikan banjir. Waduk Jatiluhur sudah memiliki banyak sekali fungsi yang membantu penduduk sekitar. Tetapi, ternyata bukan itu saja yang ditawarkan oleh Waduk Jatiluhur.
Pemandangan dan fasilitas rekreasi yang berada di sekitar waduk juga menarik perhatian para wisatawan. Salah satunya adalah Grama Tirta Jatiluhur, berjarak 15 menit dari pusat kota, dan merupakan tempat rekreasi air yang menyenangkan. Pengunjung bisa berolahraga seperti mendayung, ski air, dan berjalan-jalan menggunakan kapal pesiar.
Selain itu, ada Jatiluhur Water World (JWW) yang terdapat kolam renang berbagai ukuran, kolam berseluncur, kolam dangkal, dan kolam permainan. Pemandangan di sekitar waduk Jatiluhur pun tidak membosankan. Cocok untuk tempat berfoto dan juga bersantai dengan duduk-duduk sambil memancing di sekitar waduk, bisa juga untuk menikmati matahari terbenam.
3. Cikao Park
Cikao Park adalah lokasi indah baru yang sedang hits-hitsnya di Purwakarta. Meskipun baru ngehits beberapa bulan belakangan, daerah ini seperti oase di gurun pasir. Bahkan hampir setiap akhir pekan, destinasi ini selalu ramai dikunjungi, baik wisatawan lokal maupun luar daerah.
Selain panorama alam yang masih asri, objek wisata ini menawarkan aneka permainan yang bernilai edukasi.
Terdapat Waterpark Bernuansa alam dan pantai, taman satwa dengan koleksi yang langka, bird park, minizoo, area bermain, gazebo, hingga lampion garden.
Tepat yang berlokasi, di Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purawakarta, Jawa Barat.
4. Gunung Parang
Dibutuhkan tenaga ekstra untuk mencapai puncak Gunung Parang. Dari atas ketinggian, Anda bisa menikmati keindahan alam Purwakarta yang begitu menyejukkan mata. Bahkan bila beruntung bisa mendapati momen sunset saat sore hari.
Biar lebih greget, Anda bisa mencoba momen santai di atas hammock, dan abseiling atau rappeling di atas ketinggian dengan view yang kece di bawah.
Masih belum cukup? Gunung ini juga menyediakan spot khusus bagi para pecinta panjat tebing dengan teknik memanjat yang lebih aman.
Berlokasi di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
5. Kampung Kahuripan Ciramgkong
Kampung Kahuripan Cirangkong terletak di daerah pedesaan, tepatnya adalah di Desa Cirangkong, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta. Pencaharian utama penduduk adalah pertanian dan peternakan, sehingga sangat bergantung dengan musim.
Kehadiran Wisata Pendidikan Kampung Kahuripan Cirangkong diharapkan memberikan manfaat bagi dunia pendidikan, terutama dalam pengenalan budaya Sunda, sekaligus memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar.
6. Taman Batu Cijanun Bojong
Bermain air di sumber mata air alami akan memberikan efek segar dan rileks yang sesungguhnya, terlebih dengan pemandangan alam yang mempesona di sekitarnya.
Deretan perbukitan hijau dan bebatuan unik di sisi kolam pun terlihat instagramable bila diabadikan dalam sebuah foto kenangan.
Di sini, Anda bisa hunting foto cantik dengan area perbukitan, bermain air hingga menikmati panorama sekitar
Pastikan untuk mengabadikan setiap momen seru bersama keluarga tercinta di spot wisata yang kece ini.
Tempat ini berlokasi, di Kampung Cijanun Lembangsari, Desa Cipendeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
7. Kolam Renang Jaya Tirta Abdi.
Fasilitas yang tersedia di sini boleh dibilang komplit buat putra putri kita. Anak anak bisa bermain air sepuasnya, perosotan (slider), ember tumpah, kolam anak, dan kolam dewasa. Fasilitas lain yang tersedia di sini adalah Saung santai, Kantin ( tempat kuliner ), Aula, ATV dan Mini Coaster.
Buat yang hobi selfie, tempat ini pun menyediakan tempat untuk foto bersama keluarga atau temen dekat anda.
Bertempat di Kampung Pilar RT 11/04, Desa Sukamanah, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.
8. Pasir Langlang Panyewangan Ujung Aspal
Pasir Langlang Panyawangan menyuguhkan ketenangan, keheningan, dan kesegaran luar biasa. Di sinilah, kamu betah berlama-lama, cocok dijadikan tempat liburan akhir pekan di Purwakarta.
Spot wisata dengan suasana hutan pinus yang asri dan teduh memang menjadi salah satu primadona wisata saat ini, tak terkecuali di Kabupaten Purwakarta.
Di tempat ini, kamu bisa bersantai, menjelajahi hutan, mengunjungi goa Jepang, hingga mengexplore Curug Pamonanan.
Kegiatan seperti camping, trekking dan berburu spot foto keren bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu liburanmu di tempat ini.
Berlokasi di Pasir Muncang, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.
9. Grand Valley Water Park
Waterpark Green Valleys merupakan wisata terbaru yang dibuka pada 4 November 2017. Meskipun masih terbaru, namun sudah dipastikan merupakan kolam renang terbesar dan termegah di Purwakarta.
Karena selain wahana air dengan lokasi yang luas dan pembangunan yang besar, juga didalamnya memiliki fasilitas bermain yang kumplit seperti waterboom, juga wahana yang lainnya seperti kebun dan lain-lain.
Konsep wisata ini adalah one stop recreation dimana didalamnya banyak sekali fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung.
Berlokasi di Jalan Ipik Gandamanah 41 Sadang-Ciseureuh, Purwakarta, Purwakarta.
10. Giri Tirta Kahuripan Wanayasa
Tempat wisata di Purwakarta yang populer lainnya adalah Giri Tirta Kahuripan. Letaknya di daerah pegunungan sehingga tak heran jika tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang asri dengan hawa yang sejuk dan segar. Suasana yang tercipta di tempat wisata ini begitu romantis sehingga sangat cocok sebagai destinasi wisata bersama pasangan atau bulan madu.
Skypool Giri Tirta Kahuripan, sebuah tempat kece yang akan memanjakan Anda dengan suasana alam menakjubkan bak negeri di atas awan.
Destinasi wisata ini merupakan bagian dari agrowisata Resort Giri Tirta Kahuripan yang di dalamnya terdapat fasilitas hotel, restoran, dan aneka spot keren untuk aktivitas outbound.
Di tempat ini, Anda bisa mencoba sensasi mandi sembari menikmati pemandangan alam di Purwakarta dari atas ketinggian 500 mdpl.
Sensasinya luar biasa dan pasti tak terlupakan.
Tepat wisata ini berlokasi di Desa Taringgul Tonggoh, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. (Gin)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
 
Tags :
properti

berita terkait