bjb

Minim Penerangan, Warga Cimahi Tetap 'Ngumpul' Taman Kartini

JABARNEWS | CIMAHI - Taman RA Kartini, Jalan Baros, Kota Cimahi masih minim penerangan. Namun tak menyurutkan antusiasme warga untuk bersantai menikmati akhir pekan meski diguyur hujan intensitas ringan, Sabtu (12/01/2019).
Taman kota yang kerap dikunjungi masyarakat Kota Cimahi ini minim penerangan. Pantauan Jabarnews.com, Sabtu (12/01/2019), hanya beberapa lampu sorot dan lampu hias di sejumlah titik yang menerangi kawasan wisata keluarga tersebut. Sejumlah tempat duduk sudah mulai rusak bahkan banyak sampah berserakan.
Salah seorang pengunjung taman Yusuf (44) mengatakan, Taman RA Kartini terbilang kurang pemeliharaan juga fasilitas. Padahal, banyak warga lainnya yang menikmati udara segar serta makanan angkringan dengan harga ekonomis.
"Suasananya nyaman, kalau siang hari biasanya dipakai tempat swafoto sama remaja di sini, bisa disebut hits-lah tapi kalau malam remang-remang," ujar Yusuf yang berkunjung bersama kedua temannya.
Di samping itu, Taman RA Kartini kerap menjadi tempat penyelenggaraan acara kepemudaan semisal komunitas literasi, musik, hingga otomotif. Selain terdapat fasilitas internet gratis (wi-fi) yang mampu menarik atensi masyarakat berkunjung, udara sejuk dirasa cocok untuk beranjak dari penatnya rutinitas harian.
Salah seorang petugas kebersihan taman yang enggan disebut namanya mengeluhkan kebersihan taman tersebut, hal ini akibat para pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Padahal sudah tersedia tempat sampah di beberapa sudut taman.
"Dibersihkan setiap hari juga kalau tidak ada kesadaran dari masyarakat itu susah, masa tong sampah enggak kelihatan? Bantulah buat menjaga kebersihan di sini," keluhnya.
Taman RA Kartini bernasib sama dengan taman yang berada di Kota Cimahi seperti taman Gandawijaya dan Taman Alun-Alun, meski disediakan fasilitas yang memadai, peran serta masyarakat dan pemerintah demi kelestarian taman amatlah penting. (Gie)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait