Di Musim Hujan, Ini Yang Dilakukan Distarkim Purwakarta Atasi Pohon Tumbang

JABARNEWS | PURWAKARTA – Di musim penghujan, Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Purwakarta siapkan Tim Reaksi Cepat Penebang Pohon (TRCPP) untuk antisipasi pohon tumbang.

“Di musim penghujan ini, kami telah membentuk Tim Reaksi Cepat Penebang Pohon, untuk antisipasi cuaca hujan disertai angin,” kata Kepala Bidang Pertamanan Distarkim Purwakarta, Hadi Purnama, Senin (14/1/2019).

Ia menyebutkan, ada 10 tim untuk antisipasi pohon tumbang. Mereka siap terjun langsung ke masyatakat apabila ada pohon yang rawan tumbang.

Baca Juga:  Panglima TNI Tinjau Sentra Vaksinasi di Bandung, Termasuk Penerapan PPKM Darurat

“Masyarakat bisa memanfaatkan call center 112 ataupun melalui surat permohonan kepada Distarkim dan langsung ditindaklanjuti. Bisa melalui call center, ataupun mengirimkan surat permohonan maka tim akan terjun langsung untuk esekusi,” kata Hadi.

Sedangkan untuk kasus pohon tumbang yang tidak diduga, lanjut dia, tim tersebut akan langsung esekusi apalagi bila menghalangi fasilitas umum seperti jalan raya.

Baca Juga:  Keren.. Tak Perlu ke Jepang, Desa di Cirebon Ini Bisa Lihat Ikan di Selokan

“Kalau kejadian pohon tumbang, kita langsung turun ke lapangan, apalagi kalau menghalangi jalan, karena itu, tim selalu siaga siang dan malam,” ungkapnya.

Untuk titik rawan, ia menjelaskan, ada beberapa wilayah yang rawan akan tumbangnya pohon. Dengan begitu, ia meminta agar masyarakat waspada serta langsung menghubungi pihaknya apabila terlihat pohon yang akan tumbang.

Baca Juga:  Wartawan Rayakan HPN 2019 Bareng Kapolres Sumedang

“Untuk rawan tumbang, ada di sekitaran Jalan Sukatani, Kota, Jalan Veteran Ciseureuh. Untuk masyarakat agar waspada serta segera melaporkan apabila melihat kondisi pohon yang terlihat akan tumbang,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat