bjb

Rawan Bencana Longsor, Wilayah Di Purwakarta Ini Ektrawaspada

JABARNEWS | PURWAKARTA - Ketika musim penghujan dengan intensitas hujan tinggi membuat Camat Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, H. Asep Supriatna ektrawaspada. Pasalnya, di desa-desa yang ada di wilayahnya terindikasi rawan bencana terutama bencana longsor.
Asep mengatakan, hampir semua desa yang ada di wilayahnya rawan longsor. Dengan begitu, dirinya dengan unsur muspika dan aparatur desa untuk saling memberikan informasi secepatnya bila terjadi bencana di daerahnya.
"Yang paling rawan terjadinya bencana saat itensitas hujan tinggi yaitu Desa Parakanlima, Cisalada, Jatimekar, dan Mekargalih. Karena desa tersebut merupakan wilayah yang berbukit-bukit, sehingga kerawanan longsornya lebih tinggi dibandingkan dengan desa-desa yang lainnya," papar Asep, saat ditemui di kantor Kecamatan Jatiluhur, Selasa (15/1/2019)
Asep menjelaskan, dirinya dengan para pegawai dan muspika selalu siap siaga selama 24 jam memonitor bila cuaca sedang hujan, hal itu dilakukan untuk cepat tanggap darurat bila ada bencana.
"Bila ada bencana saya dan para unsur muspika akan secepatnya ke lokasi, untuk memantau dan melakukan evakuasi dilokasi bencana. Tentunya dibarengi dengan dinas terkait yaitu Dinas Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran," ucapnya.
Untuk sementara ini, baru ada satu lokasi yang terkena bencana longsor di wilayah Jatiluhur. Namun longsor yang terjadi tidak memakan korban jiwa, hanya saja material tanah longosoran mengenai bangunan dapur warga.
"Saya sudah ngontrol rumah warga yang terkena matrial longsoran tanah, longsoran tanah menimpa bagian dapur warga. Tidak ada korban jiwa, diperkirakan kerugian mencapai ratusan ribu rupiah," ucap Asep
Selain rawan longsor di wilayahnya, lanjut dia, ada satu desa yang selalu menjadi langganan banjir bila curah hujan tinggi yaitu Desa Cikaobandung.
"Masyarakat di Cikao Bandung selalu waspada banjir bandang, bila curah hujan tinggi biasanya warga cikao bandung yang dekat dengan aliran sungai suka kebanjiran," pungkasnya. (Gin)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
 
Tags :
properti

berita terkait