Kadisdik Kota Bandung: Hasil “Sikasep”, 51 Kepsek Melaju Ke Tahap Diklat

JABARNEWS | BANDUNG – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bandung, Elih Sudiapermana, mengatakan, Sistem Seleksi Kepala Sekolah Profesional (Sikasep) Kota Bandung telah memasuki tahap akhir.

Dari 580 orang peserta, terpilih 51 orang untuk calon kepala SD, 21 calon kepala SMP, dan 5 orang calon kepala TK.

“Sekarang tinggal menjalani Diklat, setelah sebelumnya melalui tiga tahapan, seleksi administrasi, seleksi kompetensi dan psikotes, bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) Solo,” ujar Kadisdik Kota Bandung, Elih Sudiapermana, di Pendopo, Rabu (16/1/2019).

Baca Juga:  Perhatikan 8 Hal Ini Saat Si Kecil Terkena Demam

“Sekarang otoritas ada di LP2KS. Mereka yang menentukan siapa yang lulus dan tidak,” terang Elih.

Lanjutnya, syarat menjadi kepala sekolah ke depan harus memiliki surat tanda tamat pendidikan dan latihan dan memiliki nomor unik kepsek.

Baca Juga:  Wagub Uu: Perguruan Tinggi di Jabar Masih Lemah dalam Bidang Kemasyarakatan

“Kalau tidak memiliki STTPL maka dana BOS untuk sekolah yang bersangkutan tidak akan dicairkan oleh pemerintah pusat,” terangnya.

Menurut Elih, pihaknya sudah memetakan sampai lima tahun ke depan ada 200 SD dan 20 SMP yang kepala sekolahnya memasuki masa pensiun.

“Sekarang saja sudah ada 30 SD dan 3 SMP yang kepala sekolahnya sudah Plt,” terangnya.

Pelantikan para kepala sekolah ini, nanti akan dilaksanakan setelah Wali Kota Bandung menjabat memasuki bulan ke-6.

Baca Juga:  Foto Underwater Di Tempat Wisata Alam Mata Air Sirah Cipelang Sumedang

Mereka yang dilantik, diharapkan memiliki kemampuan manajemen leadership dan kewirausahaan. Karena kepala sekolah, sekarang tidak punya kewajiban jam mengajar.

“Kalau dulu, mereka harus mengajar 6 jam per minggu, sekarang kan tidak. Jadi mereka bisa mengembangkan kompetensi dengan baik,” tegasnya. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat