Ini Hasil Survei Charta Politica Soal Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Dan Prabowo-Sandiaga

JABARNEWS | JAKARTA – Pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul atas paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf sebesar 53,2 persen dan Prabowo-Sandiaga 34,1 persen.

Fakta itu diperoleh berdasarkan survei yang dilakukan Charta Politica pada 22 Desember 2018 – 2 Januari 2019 dengan melibatkan 2.000 responden.

Baca Juga:  Ada di Utara Indonesia, BMKG Sebut Siklon Tropis 94W Berubah Jadi Badai Surigae

Metode yang digunakan ialah wawancara tatap muka dengan kuisioner terstruktur. Margin of error-nya ialah 2,19 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Ada pola kecendurungan stagnan dari kedua kandidat di dua bulan terakhir ini. Sebelumnya, hasil survei pada Oktober 2018, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf sebesar 53,2 persen dan Prabowo-Sandi 35,5 persen,” kata Direktur Eksekutif Charta Politica, Yunarto Wijaya, di kantor Charta Politica, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019), dikutip Kompas.com

Baca Juga:  Tiga Hal Yang Mesti Diperhatikan Sebelum Pensiun Dini

Yunarto menyebutkan, elektabilitas kedua pasangan relatif stagnan karena tingkat kemantapan dari pemilih yang loyal sudah besar. Itu menunjukkan, perilaku pemilih loyal kedua kandidat sudah fanatik dan agak sulit diubah melalui faktor debat.

Baca Juga:  Petugas Mulai Angkat Bangkai Pesawat Cessna Menggunakan Drum

“Tingkat pematangan pemilih loyal kedua kandidat sudah cukup besar. Pemilih loyal Jokowi-Ma’ruf sebesar 80,9 persen dan Prabowo-Sandi 79,6 persen,” kata Yunarto. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat