bjb
itcbet

Komunitas NgamparBoekoe Galakkan Minat Baca Masyarakat

JABARNEWS | BANDUNG - Maraknya gempuran budaya barat ke Indonesia memengaruhi pengetahuan masyarakat, terutama kaum pelajar. Mulai usia anak-anak hingga remaja tidak memanfaatkan kebebasan informasi sekarang ini.

Jangankan untuk mendapatkan wawasan melalui sumber internet, malah mengikuti tren yang sedang digandrungi, ketimbang menambah wawasan pengetahuan. Hingga para pelajar terlena eksistensi di jagad maya.



Hal tersebut merupakan pemicu rendahnya minat baca di kalangan pelajar dan mahasiswa, selain cepat memercayai informasi secara parsial yang belum jelas kebenarannya. Salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca pelajar sekaligus menggalakkan gerakan literasi di kalangan akademik, munculnya perpustakaan alternatif dinilai lebih efektif.

Seperti komunitas Ngampar Boekoe yang menggelar kegiatan membaca di ruang publik. Lewat mini-library, diskusi dan bedah buku, komunitas ini juga berpartisipasi di ranah sosial seperti beberapa saat lalu menggelar acara penanaman ruang terbuka hijau (RTH), aksi seni teatrikal Karinding dan pameran fotografi.
Halaman selanjutnya
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi