bjb

Pesan Bupati Subang: UMKM Kudu Dibangun Dan Diperkuat

JABARNEWS | SUBANG - Pemerintah dan swasta diharapkan bisa lebih bersinergi dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hal ini diperlukan agar UMKM semakin maju dan tidak putus ditengah jalan.
Hal itu diungkapkan Bupati Subang H Ruhimat dalam acara Subang Exporia 2019 di Aula Pemda Subang. Orang nomor satu di Kabupaten Subang itu mengatakan, pemerintah daerah membutuhkan peran swasta dalam membina UMKM. Pembinaan bukan hanya pelatihan, namun juga harus ditindaklanjuti dengan membuka pasar bagi produk-produk UMKM.
"Banyak UMKM dilatih, namun akhirnya mati di tengah jalan karena sulit untuk mendapatkan pasar," ujar Ruhimat.
Dalam hal ini, tentunya semua pihak memang memiliki peran penting dalam mendukung keberlangsungan UMKM.
Menurutnya, pemerintah, swasta dan masyarakat harus bersinergi sesuai perannya masing masing. Selama ini, seringkali UMKM siap memproduksi tetapi kerap terkendala pemasaran.
"Artinya, penting sekali dukungan dan partisipasi masyarakat diharapkan dapat meningkat kuantitas serta kualitas UMKM, khususnyan di Subang," ucapnya.
Terkait hal itu, kini Pemkab Subang telah merancang tiga strategi dalam upaya peningkatan kualitas dan kuantitas UMKM. Yakni, pengembangan kualitas jaringan, permodalan, produksi dan pasar bagi koperasi, dan UMKM.
Kemudian, kata dia, menggelar sentra industri kecil dan mengembangkan usaha kecil dan menengah serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah. "Termasuk pembinaan, ditindaklanjuti dengan membuka pasar bagi produk-produk UMKM," pungkasnya.
Subang Exporia 2019 berlangsung mulai tanggal 19-20 Januari 2019 dengan tema "Cinta Produk Lokal, Cinta Indonesia", dengan diisi berbagai kegiatan di antaranya talkshow dan motivasi, bazzar produk dan kuliner zaman now dan kuliner tradisional dan hiburan. (Mar)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait