Karena Rumahnya Kian Doyong, Sepasang Lansia Ini Tidur Di Dapur

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Malang nian sepasang suami istri ini. Akibat rumahnya yang doyong dimakan usia, pasutri Komar (64) dan istrinya Iyah (50), warga Desa Sukasukur, Kecamatan Mangunreja ini terpaksa tidur di dapur karena sejumlah bagian rumahnya nyaris ambruk, Senin (21/1/2019).

“Iya betul, karena takut jika musti tidur di kamar. Sebab beberapa bagian rumah saya ini sudah rapuh kang,” ungkap Komar saat ditemui Jabarnews.com di kediamannya.

Baca Juga:  Surat Siti Lahawa: Ingin Ada Taman Khusus Membaca Di Purwakarta

Selain bagian atap rumah Komar dan Iyah yang nyaris ambruk, terlihat jelas bagian dinding dan kayu sudah dipenuhi retakan dan bolong akibat termakan usia. “Maklum rumah ini sudah tua dan tak pernah direnovasi jadi begini, karena tak punya biaya kang,” katanya.

Pria 64 tahun itu sehari-harinya hanya bekerja serabutan. Kadang, ia menggarap ladang milik orang lain. “Jadi, jujur saya tidak sanggup untuk memperbaiki rumah, hanya cukup untuk makan sehari-hari saja,” ungkapnya.

Baca Juga:  Viral! Pelajar di Nias Utara Uji Nyali Bergantungan di Jembatan Rusak

Di samping itu, ia mengatakan, selain hampir seluruh bagian rumahnya yang nyaris ambruk itu, ketika hujan pun tak bisa dihindari. Satu-satunya bagian yang aman untuk beristirahat yakni di bagian dapur.

“Hanya dapurlah yang lumayan tidak bocor, sedangkan yang lainnya itu hampir semua bagian rumah bocor ketika hujan. Jadi di situ (Dapur) saya bisa istirahat,” ungkapnya.

Sementara Koswara selaku RT setempat mengaku prihatin melihat kondisi rumah warganya yang nyaris ambruk. “Jujur saya sangat prihatin melihatnya, sebab hingga saat ini belum ada bantuan dari pihak manapun,” Ungkapnya.

Baca Juga:  Sekelompok Pemuda Mabuk di Bogor Keroyok Penghuni Indekos, Ini Penyebabnya

Padahal, kata dia, sudah beberapa kali pihaknya beserta warga lainnya, berusaha mengajukan perbaikan untuk rumah Komar yang tidak layak huni melalui pemerintah Desa. “Hingga kini hal itu belum juga ada realisasinya. Sangat diharapkan sekali segera ada bantuan,” tandasnya. (Yud)

Jabarnews | Berita Jabar