Sumba Barat NTT Dilanda Gempa Magnitude 6,7

JABARNEWS | SUMBA BARAT – Wilayah barat Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, dilanda gempa dengan kekuatan magnitudo 6,7 terjadi di lautan pada Selasa (22/1/19) siang.

Gempa terjadi pada 12.10 WIB dengan Episentrum di 120 kilometer barat daya Sumba Barat. Sementara itu hiposentrum atau pusat gempa di bawah permukaan bumi itu terjadi pada kedalaman 10 kilometer.

“Tak ada potensi Tsunami, sebelumnya pada lokasi yang sama terjadi gempa pula pada pagi tadi yakni dengan magnitudo 6,2 disusul dengan magnitudo 5,2, Gempa dengan kekuatan magnitudo 6,2 terjadi di lautan wilayah barat Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur,” sebut lama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Selasa.

Baca Juga:  Tekan Penyebaran HIV/AIDS, Yayasan Resik Gelar Pertemuan Dengan Stakeholder

Sementara Twitter BMKG menyebutkan, gempa itu terjadi pada 06.59 WIB dengan episentrum di 103 kilometer barat daya Sumba Barat. Hiposentrum atau pusat gempa di bawah permukaan bumi itu terjadi pada kedalaman 10 kilometer.

Baca Juga:  Berkendara di Musim Hujan? Inilah Pesan Satlantas Polres Purwakarta

Gempa susulan pun terdeteksi terjadi beberapa menit kemudian. BMKG mencatat gempa susulan dengan magnitudo 5,2 itu tercatat terjadi pada pukul 07.38 WIB. Episentrum gempa susulan ini berada di 74 kilometer barat daya Sumba Barat. Sementara itu hiposentrumnya tetap di kedalaman 10 kilometer.

Kepala BMKG Stasiun Waingapu, Arief Tyastama, mengatakan, usai gempa 6,2 SR pada pagi tadi tercatat setidaknya 12 kali gempa susulan di wilayah Sumba Barat. Gempa susulan itu terjadi mulai pukul 08.08 Wita hingga pukul 10.18 Wita.

Baca Juga:  65 Polisi Terluka saat Amankan Aksi Demo Mahasiswa

“Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Sumba Barat ini dibangkitkan oleh sesar naik (Thrust Fault),” katanya, dikutip Antara. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat