Emil Minta Wanadri Rancang West Java Resilience Culture Blue Print

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, didapuk sebagai Anggota Kehormatan Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri.

“Saya merasa sangat terhormat karena ada atau tidak ada status sebagai Anggota Kehormatan, dukungan saya kepada Wanadri akan tetap,” ungkap Ridwan Kamil, pada kegiatan Penutupan Pendidikan Dasar Wanadri 2018, dan Pelantikan Anggota Muda Wanadri, di Lapangan Upacara Situ Lembang, Desa Karyawangi, Kecamatan Parompong, Kabupaten Bandung, Minggu (27/01/2019).

Baca Juga:  Penyelundup Baby Lobster Ditangkap, Rugikan Negara Miliaran Rupiah

Menurut Emil, panggilan karib Gubernur, Wanadri tidak hanya luar biasa bagi diri atau kelompok saja. Akan tetapi harus juga bermanfaat bagi masyarakat.

Dikatakannya, di balik alam Jawa Barat yang sangat Indah, mengandung pola pergerakan alam yang mencari keseimbangan. Sehingga, bencana pun kerap melanda wilayah ini.

“Setiap tahun bisa sekitar 1500-an kebencanaalaman di Jawa Barat terjadi. Salah satunya longsor, 500-an lainnya banjir, sisanya angin puting beliung, dan kebakaran,” ungkapnya.

Baca Juga:  Panwascam Jatiwangi Jemput Bola Sosialisasi Pemilu

Emil ingin Wanadri menularkan ilmunya kepada masyarakat agar dapat tangguh beradaptasi terhadap kebencanaan. Dia meminta Wanadri turut serta dalam merancang “West Java Resilience Culture Blue Print” untuk mengedukasi masyarakat bagaimana menghadapi dan menyiasati bencana.

Baca Juga:  Begini Cara Yonarmed 9 Pasopati Kostrad Bentuk Karakter Pelajar

“Tolong kami diberi ilmu untuk memberi nasehat dan mengambil keputusan, agar terjauh dari bencana karena kurang ilmu,” pintanya.

Emil pun memberi contoh masyarakat Jepang yang juga adaptif dengan situasi geologis serupa.

“Kita ingin melahirkan peradaban yang adaptif terhadap takdir geologis ini. Budaya tanggap bencana, budaya menyiasati bencana, dan budaya menghindari bencana,” katanya. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat