bjb

Ada Relawan Demokrasi, KPU Majalengka: Tingkatkan Partisipasi Pemilih

KPU Majalengka melantik 55 relawan demokrasi di Gedung Kokardan, Senin (28/1/2019), (Foto: Rik/Jabarnews).

JABARNEWS | MAJALENGKA - Setelah melewati tahapan seleksi, 55 relawan demokrasi (relasi) terpilih kini dilantik. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majalengka berharap dengan dilantiknya 55 relasi diharapkan dapat terus meningkatkan partisipasi pemilih di kota angin.
Pelantikan ini sekaligus membekali para relasi dengan bimbingan teknis yang dipusatkan di Aula Gedung Kokardan, Jalan Gerakan Koperasi, Majalengka, Senin (28/1/2018).
Ketua KPU Kabupaten Majalengka, Agus Syuhada, mengatakan, KPU membentuk Relawan Demokrasi untuk meningkatkan kesukarelaan masyarakat dalam menyukseskan Pemilu 2019. Mereka akan membantu KPU dalam mensosialisasikan agenda Pemilu.
"Para Relawan Demokrasi ini dibentuk untuk meningkatkan kualitas proses Pemilu. Dengan cara melibatkan peran serta masyarakat diharapkan akan meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya di Kabupaten Majalengka," ungkapnya.
Agus menambahkan sasaran sosialisasi dan pendidikan pemilih yang dilakukan relasi, meliputi sepuluh basis pemilih, yakni keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, kelompok perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marjinal, komunitas, keagamaan, dan warga internet.

Baca Juga:

Gantolle Siap Meriahkan Gunung Panten Majalengka

Sutrisno Nilai Tiga Dapil Ini Lemah Suksesi Jokowi-Ma'ruf

"Tingkat partisipasi pemilih nasional 77,5 persen angka partisipasi minimal, tingkat partisipasi masyarakat Majalengka di Pilkada sudah 79 persen dan ini harus dipertahankan dan ditingkatkan,"ungkapnya.
‎Komisioner KPU Majalengka, Divisi SDM dan Sosialisasi, Cecep Jamaksari, mengatakan, relasi adalah mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan partisipasi pemilih berdasarkan basis segmen pemilih.‎ Para relasi merupakan pelopor dalam gerakan sosial untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih.
"Relasi itu bisa dikatakan agen dalam mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi dalam masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilu," ungkapnya. (Rik)
Jabarnews | Berita Jawa Barat


Tags : majalengka relawan demokrasi majalengka kpu majalengka
properti

berita terkait

Sebulan Ini di Majalengka Tercatat Ada 108 Kasus DBD