aqua

SAKIP 2018, Cegah Pemborosan Anggaran Rp 64,8 Triliun

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin, (Foto: Tribunnews).

JABARNEWS | BANDUNG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin, mengatakan, hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah berhasil mencegah potensi pemborosan anggaran yang nilainya mencapai triliunan rupiah.

Pada 2017 berhasil dihemat Rp 46 triliun dan pada 2018 penghematan setidaknya mencapai angka Rp 64,8 triliun di 24 provinsi dan 216 kabupaten/kota.

Baca Juga:

Mulai Desember Nanti, Persib Akan Kembali Latihan Dengan Menu Khusus

Meski Anggaran Terbatas, UKPBJ KBB Tetap Pasang Standar Pelayanan Tinggi



Khusus wilayah I yang meliputi 185 provinsi dan kabupaten/kota se-wilayah Sumatera, kecuali Lampung, Banten, dan Jabar penghematan mencapai Rp 35,5 triliun.

"Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) secara implisit dimandatkan melalui Undang-Undang nomor 47 / 2003 tentang Keuangan Negara dan secara eksplisit dilaksanakan melalui Peraturan Pemerintah nomor 8 / 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah. Sistem itu lebih dikuatkan lagi melalui Perpres nomor 29 / 2014 tentang SAKIP," ujar Syafrudin, dalam acara penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas Pemda Wilayah I, di Bandung, Senin (28/1/2019).

Dia mengungkapkan, melalui SAKIP, paradigma kinerja pemerintahan diubah, bukan lagi sekadar melaksanakan program kegiatan yang dianggarkan, tetapi melakukan cara yang paling efektif dan efisien untuk mencapai sasaran itu.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) bandung

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi