Sambut Imlek, POS Indonesia Luncurkan Prangko Seri Tahun Babi

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam rangka menyambut perayaan Tahun Baru Imlek pada 5 Februari, PT POS Indonesia hari ini, Senin (28/01/2019) resmi menerbitkan prangko tahun babi. Prangko tahun babi ini merupakan prangko istimewa yang menjadi prangko penutup untuk seri 12 lambang shio.

Sejak 14 Februari 2007, pemerintah melalui POS Indonesia telah menerbitkan prangko seri shio selama 12 tahun berturut-turut. Prangko bertema astrologi ini diterbitkan selain untuk memperingati tahun baru Imlek juga untuk memenuhi kebutuhan bea pengiriman surat.

Selain dibuat dalam jumlah terbatas dan dicetak melalui proses security printing oleh pihak PERURI, tim prangko yang selalu diminati khususnya filateli ini tentunya, tidak akan dicetak ulang untuk alasan apapun.

Dimana sampul hari pertama hanya dicetak sebanyak 2.570 lembar. Dan salah satu lembar prangko tahun Babi ini dicetak menggunakan teknis emboss.

Baca Juga:  Wanadri Akan Buka Jalur Pendakian Baru, Ini Pesan Emil

“Melalui penerbitan ini, Pos Indonesia berharap masyarakat khususnya generasi millenial mulai menunjukan minatnya kembali terhadap prangko. Bukan hanya sebagai media pelunasan bea pengiriman surat saja,” ungkap Tjahjatingseno selaku Manager Filateli Pos Indonesia kepada Jabarnews.com dalam acara peluncuran prangko tahun Babi di 23 Paskal, Senin (28/01/2019).

Baca Juga:  Begini Cara Atasi Tumit Pecah-pecah

Ia menginginkan, lewat prangko seri 12 shio tersebut, masyarakat mengenal Indonesia melalui sejarah peradaban kehidupan masyarakatnya, kekayaan dan keanekaragaman budayanya serta banyak hal tentang hebatnya Indonesia.

“Prangko dapat menjadi rujukan bagi masyarakat khususnya bagi sekolah, akedemi dan perguruan tinggi sebagai dokumen, sumber literasi yang mampu mengabadikan sejarah dan peradaban dunia,” katanya.

Pada kesempatan kali ini juga, lanjut Tjahjatingseno, terdapat layanan prangko Prisma. Prangko prisma tersebut dapat menampilkan foto atau identitas lainnya sesuai keinginan dari pemesan.

Baca Juga:  Gojek Bersama Baznas Mudahkan Pengguna GoTix Berkurban

Jadi sekarang ini tidak hanya presiden dan wakil presiden saja yang bisa menjadi model atau desain pada prangko. Prisma ini selain dapat digunakan untuk berkirim surat dengan identitas pribadi, dapat juga digunakan sebagai marketing campaign dan souvenir serta cinderamata,” paparnya.

Dan melanjutkan tradisi penerbitan team astrologi sebelumnya, pada penerbitan seri Tahun Babi ini juga diterbitkan kemasan khusus yang dicetak hanya 5.000 set. (Tri)