aqua

Ada Sejarah Di Balik Prangko Tahun Babi

Center General Manager 23 Pascal Hyper Square M Satriawan Natsir dan Manager Filateli Pos Indonesia Tjahjatingseno saat launching prangko Tahun Babi dari PT POS Indonesia, Senin (28/1/2019), (Foto: Tri/Jabarnews)

JABARNEWS | BANDUNG - Pada peluncuran prangko edisi khusus Tahun Babi, dipilih babi celeng sebagai gambar prangko kali ini. Kenapa babi celeng, ternyata babi jenis tersebut memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi salah satunya babi yang digunakan sebagai objek celengan untuk menyimpan uang.

Hal itu diungkapkan Manager Filateli POS Indonesia Tjahjatingseno pada acara peluncuran prangko seri Tahun Imlek di 23 Pascal Hyper Square, Senin (28/01/2019). Ia menjelaskan, pemilihan babi celeng atau berasal dari celengan babi tersebut bukan tanpa alasan, melainkan karena memiliki nilai sejarah.

Baca Juga:

Gus Yaqut Intruksikan Banser Lakukan Pengamanan di Rumah Orangtua Mahfud MD

Singgung Isu Mental, Nadin Amizah Jadi Trending Twitter



"Gambar prangko tahun Babi yang digunakan yaitu babi yang digunakan sebagai model celengan yang banyak dipakai. Dan itu melalui proses pemilihan yang tidak sebentar," paparnya.

Berdasarkan cerita, di masa lalu sejumlah besar celengan telah digali di sekitar Wilwatikta (Trowulan), Ibukota Kerajaan Majapahit. Beberapa di antaranya dipajang di Museum Nasional Indonesia di Jakarta dan sebagian yang lain tersimpan rapi di museum Trowulan di Jawa Timur.

Uniknya, beberapa celengan dari Majapahit yang ditemukan tersebut, masih berbentuk sesuai dengan aslinya, lengkap sebagaimana profil babi yang masih utuh.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : PT POS Indonesia Filateli Celeng Babi Tahun Babi Sejarah Tahun Babi Kisah Kerajaan Majapahit

berita terkait

FKPPN Jabar Banten Tuntut PTPN VIII Segera Lunasi SHT

Polda Sumut Sita 30 Kg Narkoba, Pelaku Tewas Ditembak

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi