Tebing Longsor, Warga Sindanglaya Cianjur Kesulitan Air Bersih

JABARNEWS | CIANJUR – Cuaca esktrem disertai hujan deras yang mengguyur wilayah Cipanas mengakibatkan tebing di Kampung Bengkok, RT02, RW 07, Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas longsor. Beruntung tidak ada korban jiwa, namun saluran air sungai yang merupakan sumber warga Desa sindanglaya untuk mendapatkan air bersih terhambat, Jumat (1/2/2019).

Untuk memenuhi kembali kebutuhan air bersih tersebut, warga dan pemerintah desa bergotong royong memperbaiki saluran air bersih. “Kegiatan ini bertujuan agar saluran air bersih yang mengalir ke rumah-rumah dapat kembali lancar. Dan menjaga sanitasi lingkungan tetap baik. Selain itu, agar budaya gotong royong dan silaturahmi antar warga dapat tetap terjaga,” tutur Kepala Desa Sindanglaya, Mochamad Muchtar.

Baca Juga:  Tommy: Wasit Jangan Takut Tolak Permintaan Dukung Salah Satu Klub

Ia menambahkan, untuk perbaikan sementara kejadian tersebut, pemerintah desa memberikan bantuan sebanyak tiga batang pipa untuk dijadikan saluran sementara.

“Karena ini memang kebutuhan warga di satu dusun, maka kami segera memberikan bantuan tersebut. Walaupun tidak begitu banyak, sebab anggaran yang masih belum maksimal,” kata Kades.

Baca Juga:  Cabuli 34 Anak Didiknya, Gurus Les Matematika Divonis 9 Tahun Bui

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Sindanglaya, Hadi Safa’at menerangkan, kondisi alam dan curah hujan yang cukup tinggi beberapa waktu ini melanda kawasan Desa Sindanglaya, sehingga mengakibatkan longsornya tebing.

“Karena ini kan akses air untuk rumah tangga, pertanian, yang menjadi akses penting untuk para warga, jadi secepatnya kami semua memperbaikinya,” kata Hadi.

Baca Juga:  Waspada! Gejala Covid-19 Bukan Lagi Hanya Batuk dan Demam, Para Ahli Temukan Ini

Menurutnya, hampir semua warga di dusun tersebut proaktif mengatasi saluran air bersih ini. Dan kemudian memakai pipanisasi yang bersifat sementara selama air bisa mengalir untuk kebutuhan warga.

“Kami semua, baik unsur desa dan warga Alhamdulillah bisa bersinergi untuk mengatasi hal-hal yang ada di lingkup Desa Sindanglaya dengan baik,” pungkasnya. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat