bjb

Bupati Sumedang Targetkan Tekan Kemiskinan Di Level 5 Persen

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir berupaya akan menekan angka kemiskinan hingga level 5 persen, (Foto: Net)

JABARNEWS | SUMEDANG - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menyatakan, pihaknya tengah fokus mengupayakan untuk menekan tingkat kemiskinan hingga level 5 persen pada 2023. Hal itu disampaikan Dony, saat jumpa pers di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, Selasa (29/1/2019).

Menurut Dony, berdasarkan data yang ada, angka kemiskinan di Sumedang saat ini berada pada level 10,53 persen. "Untuk itu bersama sejumlah instansi terkait, telah kami sinergikan agar dapat bersama-sama menekan tingkat kemiskinan di Kabupaten Sumedang. Ada pun yarget yang ingin kami capai, tingkat kemiskinan di Sumedang pada 2023 berada pada level 5 persen," katanya.

Menurutnya, penyebaran kemiskinan terjadi pada masyarakat perdesaan, yang nota bene berprofesi sebagai buruh tani atau penggarap. Oleh sebab itu, pemerintah akan terus berupaya untuk mendorong peningkatan kesejahteraan, melalui pendekatan program kewirausahaan.

"Bagi masyarakat (Petani) di sekitar hutan, milik Perhutani, mereka bisa diintervensi melalui pola kerja sama. Intervensi lainnya mereka akan difasilitasi untuk memanfaatkan lahan tidur milik kas desa maupun tanah negara," katanya.

Baca Juga:

Berprestasi, 10 Kades Di Subang Diganjar Penghargaan

Pohon Besar Di Cicalengka Tumbang, Jalan Lumpuh Total

Sedangkan, bagi mereka yang tidak ada potensi lahan yang bisa dimanfaatkan, akan diintervensi melalui program alih profesi. Yaitu dari profesi petani, menjadi pelaku usaha dibidang perikanan dan peternakan.

Namun tentunya program alih profesi itu, akan disesuaikan dengan arah minat mereka. Sehingga ketika diberikan pelatihan tentang tata cara beternak maupun budi daya ikan, mereka bisa mengikuti kegiata tersebut dengan baik.

"Pada akhirnya tujuan pemerintah untuk menekan tingkat kemiskina pada level 5 persen bisa tercapai pada 2023. Dan hal itu tentunya, bisa berbanding lurus dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Tags : Daerah Sumedang Pemkab Sumedang Tekan Kemiskinan Pemberdayaan Masyarakat Budi Daya Ikan Peternakan

berita terkait

Motor Listrik dan Sepeda Listrik Wajib Bayar Pajak!

Sambut Imlek, POS Indonesia Luncurkan Prangko Seri Tahun Babi

Dinsos Cimahi Edukasi Para Orangtua Anak Jalanan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi