aqua

Tempat Usaha Di Purwakarta Akan Dipasang Tapping Box

Bapenda Kabupaten Purwakarta akan memasang tapping box untuk memonitoring transaksi usaha berbasis online di beberapa tempat usaha, (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Tapping box atau alat monitoring transaksi usaha berbasis on line akan dipasang Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Purwakarta di sejumlah tempat usaha di Purwakarta. Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Purwakarta, Iyus Permana mengungkapkan, potensial pajak yang lost mencapai 10 persen dari realisasi. Realisasi pajak selama 2018 mencapai Rp 222 miliar.

Pemasangan tapping box tersebut bertujuan untuk menekan dan meminimalisasi lost pajak akibat penghitungan secara manual, mengingat potensial pajak, sektor usaha rumah makan dan hotel cukup besar. "Karena itu, untuk meminimalisasi dan menekan pendapatan yang hilang ini, kita akan memasang tapping box, terutama untuk rumah makan dan hotel," ujar Iyus, Selasa (29/1/2019).

Baca Juga:

Ngantuk, Bocah SMP Di Purwakarta Tewas Tertabrak Kereta

Terus Bergulir, Giliran Komunitas Di Purwakarta Dan Subang Tolak Cagar Alam Berubah Status



Iyus menerangkan untuk tahap pertama, ada 10 alat yang akan dipasang di sejumlah tempat usaha. Pemasangan alat ini akan dilakukan pada pertengahan Februari mendatang. Mengingat, saat ini sedang menunggu landasan hukumnya. Minimalnya, payung hukumnya tersebut peraturan bupati (Perbup).

"Ada 10 alat tapping box yang akan kita pasang. Di antaranya tempat hiburan malam, rumah makan, dan hotel," kata Iyus.

Dengan pemasangan alat ini, diharapkan ada kejujuran wajib pajak dalam menghitung pendapatannya. Mengingat, alat tersebut langsung terkoneksi ke sistem data di Bapenda dan juga ke aplikasi Ogan Lopian yang dikelola Diskominfo.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Daerah Purwakarta Bapenda Purwakarta Pemkab Purwakarta Tapping Box Wajib Pajak

berita terkait

Wisata Argapura Menarik, Akses Jalan Amburadul

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi