Jabar Sabet APPSI Gubernur Awards Di Surabaya

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menerima penghargaan pada ajang APPSI Gubernur Awards, Kategori Adhi Purna Prima, pada Bidang Ekonomi Kreatif, dengan program Bandung Silicon Valley, serta pembangunan Pusat Ekonomi Kreatif di 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat.

Penghargaan yang diinisiasi Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) bekerja sama dengan The Jawa Pos Institute of Pro-Otonomi (JPIP), diserahkan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, dan Direktur Utama Jawa Pos, Leak Kustiya, dan diterima langsung Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil, Surabaya, Senin (28/01/19) malam.

“Jawa Barat memenangkan penghargaan pada keistimewaannya dalam bidang inovasi kreatif, salah satunya adalah pusat-pusat industri hi tech, yang disebut Bandung Silicon Valley atau Techno Park,” ungkap Gubernur Ridwan Kamil.

Selain itu, rencana pembangunan Pusat Ekonomi Kreatif di seluruh 27 Kota/ Kabupaten di Jawa Barat, juga mendapat penilaian positif. Adapun ekonomi kreatif yang dikembangkan, sejalan dengan visi misi Jawa Barat ke depan yang juga akan fokus pada ekonomi kreatif dengan basis digital dan teknologi.

Baca Juga:  Jelang Hari Bhayangkara ke-74, Polres Purwakarta Sebar Sembako Hingga Alquran

Pertumbuhan ekonomi, lanjut Emil, datang dari banyak faktor, salah satunya inovasi. Adapun investasi yang tengah menjadi tren hari ini adalah yang berbasis teknologi.

“Dengan teknologi akan punya nilai tambah. Orang-orang di Jawa Barat termotivasi agar berpendidikan lebih tinggi, sehingga kualifikasinya bisa bersaing secara global,” katanya.

Emil mengaku akan belajar pada provinsi-provinsi lain, untuk juga maju di bidang-bidang pembangunan lainnya. “Fastabiqul khairat Leadership, semua berlomba-lomba dalam kebaikan, saling belajar, dan saling menginspirasi,” katanya.

“Ada organisasi Gubernur APPSI yang memberikan banyak koordinasi pembangunan dan apresiasi bagi provinsi yang memiliki lompatan-lompatan,” sambung Emil.

Ketua Umum APPSI, yang juga Gubernur Jawa Timur Soekarwo menjelaskan, APPSI harus berperan dalam memperkuat sinergitas dan konektivitas antardaerah.

APPSI diharapkan menjadi wadah interaksi kepemimpinan. Hal itu bisa dilakukan melalui pengelolaan pemerintah provinsi dan pengelolaan potensi daerah untuk kesejahteraan masyarakat. “APPSI juga menjadi jembatan terhadap pronivinsi dengan pusat,” katanya.

Baca Juga:  Ini Cara Praktis dan Mudah Cek Sertifikat Tanah

Tujuannya, untuk mewujudkan pemerintahan daerah yang bersih, efektif, percaya diri, kreatif, dan bertanggung jawab untuk menyukseskan otonomi daerah (otda).

“Gubernur merupakan wakil Pemerintah Pusat di daerah. Para Gubernur pasti berusaha melakukan sesuatu yang luar biasa,” kata Pakde Karwo, panggilan akrabnya.

Maka penting menurut Pakde Karwo, untuk dibuatkan suatu “data center” tentang Indonesia incoorporate untuk mengurangi impor dan subtitusi suatu komoditas. “Perlu dibangun data base antar daerah, agar kita mempunyai manfaat antar daerah satu dengan daerah lain,” ucapnya.

Direktur Utama Jawa Pos, Leak Kustiya menyebutkan penghargaan atau awards yang diberikan merupakan bentuk “respect” kepada gubernur yang telah bekerja keras mengabdi kepada masyarakat bangsa dan negara. “Mengelola dana triliun rupiah bertahun-tahun, ‘keseleo’ Rp 16 juta Rp 18 juga sudah bisa runtuh citra Gubernur beserta keluarganya,” ujar Leak.

“Maka Gubernur Award, bertujuan mengapresiasi kinerja Pemerintah, meningkatkan citra positif pemerintah di mata publik, dan prestasi yang dihasilkan akan dicontoh provinsi lain,” tuturnya.

Baca Juga:  Ingat! Ada Sanksi Denda Pelanggar PSBB Kota Depok, Ini Besarannya

Leak menyatakan, serangkaian tahapan penilaian telah dilakukan tim juri yang juga para ahli. Gubernur dengan raihan nilai tertinggi akan mendapat penghargaan yang terdiri dari 19 bidang dalam 2 kategori, Adhi Purna Karya Award dan Adhi Purna Prima Award.

Sejak 2018, dilakukan penelitian dan pengambilan data lapangan oleh tim Tunas Muda. Mereka juga meneliti berbasis data resmi dan relevan, serta rekam jejak pemberitaan provinsi selama beberapa tahun terakhir.

Adapun, penghargaan pada kategori Adhi Purna Karya Award, ditujukan untuk Gubernur yang sukses memimpin dan berkreasi hingga selesai masa pemerintahan, dan Adhi Purna Prima Award, adalah untuk Gubernur yang sukses memimpin hingga kepemimpinannya berlanjut.

“Teruslah merakyat dan berbesar hati, Gubernur adalah manusia pilihan,” katanya.

Diberikan kepada Gubernur Jawa Timur, dengan “Track record” kepemimpinan, mengawal tradisi kompetisi, patut menjadi contoh untuk daerah lain. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat