Wagub Uu Resmikan Gedung Pusat Kemanusiaan Di Soreang

JABARNEWS | KAB. BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum meresmikan Gedung Pusat Kemanusiaan Jawa Barat yang dibangun Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) di Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (29/1/2019).

Pusat Kemanusiaan merupakan suatu Lembaga di bawah pengelolaan AMCF di Jakarta. Pusat kemanusian Jawa Barat diinisiasi pada 2016 dan telah ada kerja sama formal antara AMCF dengan Provinsi Jawa Barat untuk menjadi percontohan Pusat Kemanusiaan yang akan dibangun di berbagai daerah lainnya di Indonesia.

Pengawas AMCF, Syarif Hidayat mengatakan, program Pusat Kemanusiaan ini sudah dicanangkan AMCF sejak tahun 2015 lalu. Program ini memiliki prinsip untuk membantu semua golongan, baik itu agama, usia, lokasi, serta terbuka untuk melakukan kerjasama dengan pihak-pihak lain tanpa tendensi kepentingan politik.

Baca Juga:  Belasan Tahun Tercemar, PJT II Jatiluhur Uji Kualitas Air Sungai Cilamaya

“Sejak soft launching 2016, Pusat Kemanusiaan Jawa Barat sudah melakukan berbagai program kemanusiaan di seluruh kabupaten kota untuk memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan,” ujar Syarif.

“Adapun program yang telah terlaksana, seperti pelaksanaan operasi mata katarak lebih dari 1.000 pasien bekerja sama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI) Jawa Barat, pembangunan rumah untuk dhuafa, pembangunan jembatan, khitanan massal, bantuan kursi roda, pembangunan toilet umum, pembangunan tempat wudhu, pembangunan Masjid, dan berbagai layanan kemanusiaan lainnya,” tambahnya.

Wagub Uu pun menyambut baik hadirnya Pusat Kemanusiaan AMCF ini. Dengan ini, Ia berharap akan bisa memberikan manfaat yang seluas-luasnya untuk masyarakat di Jawa Barat. “Ini merupakan kebahagiaan bagi kami. Saya atas nama Pemerintah Provinsi mengucapkan terimakasih kepada AMCF yang ikut membantu meringankan beban kami, khususnya dalam bidang kemanusiaan,” kata Uu.

Baca Juga:  Polda NTB Keluarkan SP3 Terkait Kasus Amaq Sinta

Di samping itu, Uu juga berharap selain bergerak di bidang kemanusiaan, alangkah baiknya AMCF juga fokus pada bidang pendidikan. Sebab, menurut Uu, sejatinya pendidikan yang baik akan meningkatkan kesejahteraan yang secara tidak langsung dapat mengurangi masalah sosial.

“Gedung ini sangat megah. Mudah-mudahan gedung ini bisa dijadikan sarana pendidikan, baik pendidikan duniawi maupun pendidikan ukhrawi (akhirat). Kenapa tidak, jika gedung ini dipakai hal-hal dengan kemaslahatan lain,” ujar Wagub Uu.

Pada prinsipnya, Pusat Kemanusiaan Jawa Barat ingin mendukung program pemerintah dalam memberikan akses Kesehatan, Pendidikan, dan Kemanusiaan khusus bagi masyarakat yang tinggal di daerah tepencil. Dengan peresmian gedung Pusat Kemanusiaan Jawa Barat diharapkan menjadi tempat aktivitas kemanusiaan yang dapat membantu masyarakat di sekitar Jawa Barat dalam tanggap bencana atau program kemanusiaan.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Dukung Puncak HPN Tingkat Jabar di Cianjur

Pusat Kemanusiaan Jawa Barat juga merupakan mitra dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dikarenakan Provinsi Jawa Barat termasuk kategori daerah yang rentan terjadinya bencana alam. Sehingga, ketika terjadi bencana, maka aset, kru, logistik yang dimiliki Pusat Kemanusiaan Jawa Barat akan dikerahkan untuk membantu BPBD dalam penanganan masa tanggap darurat, masa relief bahkan mitigasi. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat