aqua

Pembangunan Waduk Kuningan Sudah 88.35 Persen

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Iwa Karniwa saat memaparkan tentang proyek pembangunan Bendungan Kuningan, Selasa (29/1/2019), (Foto: Mil/Jabarnews)

JABARNEWS | BANDUNG - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan proyek pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan saat ini mencapai 88.35 persen.

"Bendungan Kuningan ini akan bermanfaat untuk mengairi 3.000 hektar sawah, yang terdiri dari 1.000 hektar untuk daerah Kuningan dan 2.000 hektar untuk wilayah Brebes, Jawa Tengah," ungkapnya dalam Rapat Pembahasan Permasalahan Waduk Kuningan di Ruang Rapat Sanggabuana, Gedung Sate, Selasa (29/01/2019).

Baca Juga:

Tahun 2022, Ridwan Kamil Prediksi Indonesia Bebas Covid-19

Ini Tips Nikmati Libur Panjang yang Aman dari Covid-19



Di samping itu, lanjut Iwa, juga sebagai pengendalian banjir sejumlah 429 meter kubik atau sekitar 67 persen, sebagai air baku 300 liter per detik dan sebagai tenaga listrik sebesar 500 kw.

Namun dengan berjalannya waktu masih ada kendala dalam proyek pembangunannya. Yakni, pembebasan lahan yang belum selesai. Terkait dengan beberapa masyarakat yang ingin pindahnya langsung satu desa. "Jadi ada dua RT yang ingin pindah tapi belum bisa di Desa Kawungsari yang berada di luar batas genangan," katanya.

"Ini yang sedang dicarikan solusi. Kalau toh tetap juga itu tidak dibebaskan maka masyarakat akan terisolasi. Nanti biayanya akan jauh lebih besar, sebab sarana dan prasarana juga harus disiapkan," sambungnya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Daerah Kabupaten Kuningan Bendungan Kuningan Pemprov Jabar Sekda Jabar Iwa Karniwa

berita terkait

Ingat, Jangan Pakai Masker Lebih dari 4 Jam

Tito Karnavian Soroti Dana Pemda yang Hanya Disimpan di Bank

Doni Monardo: Angka Kesembuhan Indonesia di Atas Standar WHO

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi