bjb

Sulit Urai Macet, Dishub Kota Cimahi Berantas Parkir Liar

Suasana lalu lintas di Jalan Sriwijaya Raya, Kota Cimahi yang terjadi setiap sore hari, Selasa (29/1/2019), (Foto: Afr/Jabarnews)

JABARNEWS | CIMAHI - Kemacetan Jalan Dustira Kota Cimahi belum juga teratasi. Setiap sore hari kendaraan roda empat maupun roda dua berjalan tersendat-sendat terutama di titik kemacetan sekitar perlintasan kereta api. Terlebih, jumlah kendaraan dari arah Jalan Warung Contong tergolong tinggi. 

Titik kemacetan berada tepat di perlintasan kereta api, para pengguna jalan menyemut menunggu barisan kendaraan di depannya. Belum lagi kondisi jalan berlubang semakin memperlambat lalu lintas sekitar.

Seorang pengendara sepeda motor Yunus (39) mengatakan, biasanya kemacetan terjadi pada pukul 17.00, ketika terjadi arus balik kendaraan. "Sudah biasa macet kalau lewat sini, apalagi di rel kereta kanan-kiri ada lubang besar, jadi jalan terasa sempit," ujarnya.

Ia menambahkan, penyebab kemacetan yakni banyaknya parkir liar di depan Rumah Sakit Umum Dustira. Kendaraan roda empat banyak ditemukan menepi di bahu jalan.

Dari pantauan Jabarnews.com, Selasa (29/01/2019), sepanjang Jalan Dustira kendaraan menyemut menuju ke Jalan Sriwijaya. Meski telah dipasang marka garis berbiku, kendaraan roda empat dan angkutan umum banyak menepi di bahu jalan atau sejumlah pengendara motor yang melawan arus. Sedangkan, kondisi jalan tepatnya di perlintasan kereta api membuat antrean kendaraan semakin tak terhindarkan.

Baca Juga:

Berprestasi, 10 Kades Di Subang Diganjar Penghargaan

Pohon Besar Di Cicalengka Tumbang, Jalan Lumpuh Total

Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Endang mengatakan, penyebab terjadinya kemacetan di jalan sepanjang dua kilometer itu, sebab terdapat perlintasan sebidang kereta api di Jalan Sriwijaya Raya dengan intensitas lalu lintas kereta api yang cukup padat.

"Sehingga arus lalu lintas kendaraan sering terhenti, sehingga antrean kendaraan di jalan tersebut cukup panjang pada saat kereta melintas," ujarnya.

Ia menambahkan, penyebab yang paling utama atas kemacetan itu karena masih banyaknya kendaraan yang parkir di sisi kiri dan kanan jalan dustira. sehingga hal tersebut menyebabkan penyempitan bahu jalan.

Adanya parkir liar itu disebabkan kapasitas tempat parkir yang tidak memadai dan tidak patuhnya para pengendara pada aturan parkir. Permasalahan tersebut dinilai menjadi kendala bagi dinas perhubungan kota cimahi untuk mengurai kemacetan. (Afr)

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Tags : Daerah Kota Cimahi Pemkot Cimahi Dishub Kota Cimahi Jalan Sriwijaya Raya Parkir Liar

berita terkait

Motor Listrik dan Sepeda Listrik Wajib Bayar Pajak!

Sambut Imlek, POS Indonesia Luncurkan Prangko Seri Tahun Babi

Dinsos Cimahi Edukasi Para Orangtua Anak Jalanan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi