Menteri Lingkungan Hidup Lakukan Coastal Clean Up di Pelabuhan Cirebon

JABARNEWS I KOTA CIREBON – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar mengatakan Cirebon dan Indramayu memiliki potensi kelautan yang luar biasa. Kebersihan dan kelestarian lautnya harus terus dijaga.

Hal tersebut disampaikan saat acara Coastal Clean Up di areal Pelabuhan Cirebon, yang di hadiri seluruh jajaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Walikota dan Wakil Walikota Cirebon, Bupati Indramayu. Jumat,(15/2/2019).

“Seperti kata kang Emil, Cirebon bagian penting dari Jawa Barat dan Indonesia. Disini nantinya pusat pertumbuhan ekonomi baru di Jawa Barat,” ungkap Siti.

Baca Juga:  Lakalantas di Jalan Raya Cirebon-Palimanan, Dua Korban Tewas Satu Luka-luka

Siti melanjutkan, sejak 2015 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah melakukan Gerakan Aksi Bersih-Bersih Pantai atau Coastal Clean Up (CCU) di berbagai wilayah di Indonesia. Sampah yang dikumpulkan dari kegiatan bersih-bersih pantai ini selanjutnya ditimbang untuk diketahui dan dipilih jenisnya. Selanjutnya sampah tersebut akan diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA) untuk dikelola.

Baca Juga:  Tren Kunjungan ke Masjid Raya Al Jabbar Meningkat Setelah Lebaran

Sementara Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis, S.H., mengajak kepada seluruh warga Kota Cirebon untuk bersemangat membersihkan wilayahnya termasuk wilayah pantai. Selain kebersihan merupakan sebagian dari iman, juga agar pantai di Kota Cirebon bisa menjadi pantai yang bersih dan menarik untuk dikunjungi.

“Bersih-bersih pantai merupakan bukti kecintaan kepada bangsa dan negara Indonesia,” tegas Azis.

Baca Juga:  Indonesia Kecam Israel Soal Aksi Kekerasan Terhadap Warga Palestina di Masjid Al Aqsa

Sedangkan Wakil Walikota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, mengungkapkan jika targetnya saat ini Kota Cirebon harus bersih. “termasuk pantainya,” ungkap Eti. Karena itu, sejumlah persoalan mengenai sampah akan segera mereka selesaikan dalam waktu dekat.

Kegiatan CCU diikuti oleh sekitar 1.000 orang dari berbagai instansi terkait. Mulai anak-anak sekolah, LSM, TNI, polisi, serta berbagai pihak lainnya. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat