Batik Ridwan Kamil Dipamerkan Di Legenda Batik Nusantara

JABARNEWS | BANDUNG – Batik Garuda Kujang Kencana dan Batik Ironman yang lebih terkenal dengan sebutan Batik Telor Ceplok karya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dipamerkan di stand Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar, pada acara Pameran Legenda Batik Nusantara, di Graha Manggala Siliwangi Bandung, Rabu (30/1/2019).

Ketua Dekranasda Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil, saat membuka pameran menuturkan, Batik Ridwan Kamil ini tidak akan di-launching di pasaran. Karenanya, batik ini tidak dijual di sembarang tempat dan bisa didapatkan melalui Dekranasda Jabar.

Baca Juga:  IBCF 2023, BNN Galakkan Pesan Anti Narkotika Lewat Paduan Suara

Atalia bercerita, sang suami memang hobi mendesain apapun, termasuk batik. Awalnya, kata dia, Emil, sapaan Ridwan Kamil, mendesain batik tersebut untuk digunakan sendiri melalui Batik Komar dan Batik Trusmi, namun ternyata animo masyarakat cukup tinggi.

“Kang Emil itu adalah seorang designer, beliau adalah arsitek tetapi senang sekali untuk mendesain apapun, termasuk mendesain batik sendiri. Jadi beberapa waktu lalu bekerja sama dengan Batik Komar, Batik Trusmi, dan lain-lain, Kang Emil mendesain hanya dipakai untuk diri sendiri, tapi animo masyarakat luar biasa, bahkan yang palsunya pun sudah ada dimana-mana,” tutur Atalia.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Dorong Kabupaten/Kota Fokus Pada Kinerja Baik, Cegah Korupsi

“Ga akan ada launching. Oleh karenanya, (batik RK) ini akan hadir di tempat-tempat tertentu saja, atau bahkan hanya bisa diakses melalui Dekranasda Provinsi Jawa Barat,” tambahnya.

Atalia sangat mengapresiasi acara pameran batik ini. Menurutnya, pameran seperti ini tidak hanya menumbuhkan rasa cinta produk lokal, tetapi juga mampu mendongkrak semangat para pengrajin dan pelaku usaha di bidang seni kriya dan fashion.

“Di samping untuk mencintai dan melestarikan budaya bangsa, tapi juga yang paling penting adalah terus mendukung perekonomian masyarakat, khususnya di bidang craft dan fashion. Jadi saya mengapresiasi, luar biasa. Mudah-mudahan mampu untuk terus memberikan semangat kepada seluruh warga Jawa Barat untuk berkarya,” tukasnya.

Baca Juga:  Warga Selaawi Garut Temukan Mayat Bayi Terbungkus Kain di Kebun

Pameran Legenda Batik Nusantara ini menyuguhkan lebih dari 80 stand batik, kerajinan, hingga kuliner. Tidak hanya dari Jawa Barat, pameran ini juga melibatkan produk-produk pilihan dari seluruh Indonesia, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Palembang, NTT, dan lainnya. Dijadwalkan, pameran ini akan digelar hingga 3 Februari mendatang. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat