Tolak Panti Jadi Balai, Mahasiswa Disabilitas Jalan Mundur Keliling Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Kaum Disabilitas yang tergabung dalam Forum Akademisi Luar Biasa, melakukan aksi jalan mundur.

Massa merupakan mahasiswa disabilitas yang tergabung dari beberapa kampus di Kota Bandung itu, menilai aksinya, dilakukan sebagai gambaran kemunduran sistem di panti Wiyataguna yang akan di ubah ke balai, dalam artian saat masih Panti mampu menampung banyak orang, sedang jika balai hanya peruntukan 50 orang.

Baca Juga:  Soal Penanganan Kasus HIV/AIDS di Pangandaran, Jeje Wiradinata: Kembali ke Fundamen Agama

“Jalan mundur ini menggambarkan sistem salah satunya di panti Wiyataguna akan menjadi balai. Tadinya bisa menampung sekian banyak orang untuk berkegiatan pendidikan dan lain-lain, tetapi sekarang akan diubah menjadi hanya untuk 50 orang saja. Jadi ini satu kemunduran bagi kami,” ujar humas Forum Akademisi Luar Biasa, Elda Fahmi disela-sela aksi, Kamis (31/1/2019).

Jalan mundur berlangsung sejak pukul 10.00 wib dimulai dari Panti Wiyataguna Jl. Pajajaran dengan Rute Pajajaran – Cihampelas (STHB), Wastukencana, Martadinata, Trunojoyo, dan finish di Jl. Dipenogoro (Gedung Sate) Bandung.

Baca Juga:  PKS Jabar Minta Pemerintah Satu Komando dalam Hadapi Lonjakan Covid-19

Dalam aksinya massa mengajukan beberapa tuntutan diantaranya, pembentukan komisi disabilitas nasional sesuai UU NO 8.Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas.

“Karena kebijakan-kebijakan yang tumpang tindih dan kurangnya perlindungan terhadap disabilitas karena memang kita sampai saat ini belum ada badan pemerintah resmi yang membawahi tentang disabilitas,” lanjutnya.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Purwakarta Hari Ini Kamis 27 Oktober 2022

Massa juga meminta agar pemerintah mengusut tuntas terkait setoran atlet peraih medali Asian Paragames yang tidak didaftarkan ke PN dan akuntabilitas penggunaannya.

Selanjutnya massa dalam aksinya kali ini menolak peraturan Menteri Sosial No.18 Tahun 2018 yang merubah fungsi Panti menjadi Balai dan meminta kejelasan posisi Asset dan Pengelolaan Panti Netra Wiyataguna. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat